4 Trend Marketing 2019 yang Wajib Anda Ketahui

December 6, 2019 2:07 pm Published by 1 Comment
trend marketing sepanjang tahun 2019

Pemasaran adalah jantung dari sebuah bisnis. Jika pemasaran bagus tentu penjualan melimpah yang akan didapatkan. Begitu pula sebaliknya, pemasaran buruk, tak akan ada penjualan. Melakukan strategi pemasaran tidak cukup satu atau dua hari, perlu banyak waktu sehingga perencanaan yang sangat matang dan analisis yang mendalam. Tak sedikit pebisnis yang gulung tikar karena salah menentukan strategi. Ada 4 trend marketing 2019 yang wajib Anda ketahui, tapi simak dulu kesalahan pemasaran yang sering terjadi meliputi:

  • Waktu yang Tidak Tepat

Pemilihan waktu yang tepat sangat berpengaruh besar terhadap pemasaran yang Anda jalankan. Ada baiknya Anda mempublikasikan pemasaran Anda di jam-jam premier. Analisislah aktifitas audience Anda apakah mereka aktif di pagi, siang, atau malam hari.

  • Hanya Mengandalkan Satu Media  

Pemasaran memang membakar waktu, tenaga, dan uang. Pemasaran yang mengandalkan satu media tentu tidak akan optimal. Anda harus menjangkau calon konsumen dari berbagai sisi yang berbeda. 

  • Cara Promosi yang Kurang Tepat 

Membuat promosi yang banyak dan sesuai bisa membantu penjualan Anda. Namun, tak sedikit juga orang yang membuat promosi asal dan hanya ikut-ikutan orang lain. Promosi yang dilakukan orang lain belum tentu sesuai dengan bisnis Anda.

Di tahun penghujung tahun 2019 ini, ada banyak trend marketing atau trend pemasaran yang berkembang. Lalu apa saja sih trend marketing 2019 ini? Simak 4 trend marketing 2019 yang wajib Anda ketahui:

1. Audio Marketing

audio marketing adalah trend marketing 2019

2019 ini jagat marketing dibuat berwarna dengan sistem audio marketing. Pasalnya di tahun ini salah satu audio marketing yang disebut Podcast menjadi primadona bagi lapisan masyarakat di beberapa saluran. 

Podcast episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.


Beberapa perusahaan memberdayakan Podcast sebagai saluran pemasaran. Podcast banyak diminati karena audience tidak perlu jenuh membaca isi konten. Mereka bisa dengan fleksibel mendengarkan informasi konten dimana pun dan kapan pun. Idealnya, durasi podcast berlangsung selama 20-45 menit dengan jadwal posting mingguan.

2. Video Marketing

video marketing adalah trend marketing 2019

Selain Podcast, video marketing bisa dijadikan alternatif lain dalam penyampaian konten. Metode pemasaran yang memanfaatkan video di platform online sebagai media utamanya. Seiring dengan berkembangnya zaman dan media sosial, video marketing dapat mudah ditemukan di berbagai platform video online dan media sosial seperti YouTube, Facebook, dan Instagram. Anda bisa membuat video marketing di Youtube dengan durasi 2 menit. Anda juga bisa memproduksi video pemasaran untuk di Instagram dengan durasi 30 detik dan Facebook 1 menit.

Video marketing sangat kuat karena penyampaian konten yang tidak bosan. Video marketing juga menyederhanakan kerumitan penyampaian konten yang disalurkan dengan kata-kata.

3. Influencer Marketing

influencer marketing adalah trend marketing 2019

Influencer kini menjadi profesi kaum milenial yang dapat dikatakan menjamin. Ada banyak influencer muda yang punya penghasilan melimpah. Influencer juga sering digunakan sebagai jembatan pemasaran di tahun 2019 ini. 
Dengan menjadikan followers atau pengikutnya sebagai ladang utamanya,  influencer dapat mempromosikan suatu brand atau barang kepada pengikutnya. Biasanya mereka akan memberikan ulasan atau melakukan demo pemakaian atau unboxing suatu produk. Mereka akan mempromosikannya melalui Youtube, Instagram Story, atau Instagram Video.

4. Chatbot Marketing

influencer marketing adalah trend marketing 2019

Selain media sosial, aplikasi atau perangkat pengirim pesan personal bisa dijadikan alat pemasaran yang bisa diandalkan. Beberapa aplikasi ternama seperti WhatsApp dan Facebook Messenger menjadi pilihan terbaik untuk Chatbot Marketing. Jenis pemasaran ini banyak disenangi karena langsung bersifat personal. Sehingga respon dari pelanggan ke penjual bisa cepat. 

Keunggulan dari Chatbot Marketing ini diantaranya dapat mengumpulkan informasi secara efisien tanpa harus memberikan berlembar-lembar pertanyaan kepada pelanggan. Selain itu, jualan dengan metode ini bisa membawa lead langsung ke penjualan. 

Keempat strategi pemasaran online dapat dijadikan referensi bagi Anda untuk memulai penjualan lagi di tahun berikutnya. Anda bisa mengkolaborasikan strategi pemasaran tersebut tanpa batasan. Selamat mencoba!


Tags: , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.