4 Cara Jitu untuk Promosi Bisnis Makanan Anda

July 22, 2021 3:40 pm Published by Leave your thoughts

Anda sedang menjalankan bisnis kuliner? Bisnis kuliner memang terbilang menguntungkan dan tidak ada matinya. Hal ini dikarenakan makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun, karena banyak sekali orang yang akhirnya terjun di dunia kuliner, persaingan bisnis kuliner pun sangat ketat. Dan, meski terlihat mudah untuk meraup keuntungan, untuk meningkatkan omzet dan bisa bertahan memerlukan strategi pemasaran yang tepat lho. 

Apa aja ya cara jitu dan bagaimana cara promosi bisnis makanan yang tepat? Simak tipsnya berikut ini ya!

1. Gunakan Kemasan Produk yang Unik & Eye-Catching

cara promosi, tips promosi, tips promosi makanan, tips promosi bisnis makanan

Siapa sih yang nggak langsung tertarik ketika melihat kemasan produk yang unik dan eye-catching? Kalau sudah tertarik dengan kemasannya, biasanya calon pelanggan pun akan jadi lebih tertarik untuk mencoba produk Anda. Sekarang, sudah banyak banget lho referensi kemasan produk makanan yang kece dan dapat disesuaikan dengan budget serta target konsumen Anda.

Oh iya, dengan kemasan yang unik dan menarik, pelanggan bisa mempromosikan produk Anda ke orang lain melalui media sosial juga lho! 

Baca juga: 5 Ide Bisnis Online Makanan Untuk Pemula

2. Melakukan Promosi Via Media Sosial

Anda semua mungkin sudah tahu bahwa media sosial merupakan salah satu jenis channel dengan pengguna aktif paling banyak di dunia jika ditotal.Menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran produk makanan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Anda bisa mengoptimalkan Instagram untuk mengunggah foto-foto makanan, atau memasarkan foto-foto tersebut melalui Facebook dan Instagram Atau malah menunjukkan proses behind the scene membuat produk Anda dan proses packagingnya.

cara promosi, tips promosi, tips promosi makanan, tips promosi bisnis makanan

Anda juga bisa memasang iklan di media sosial sesuai budget Anda untuk meningkatkan brand awareness. Serta, mengadakan kompetisi berhadiah seperti giveaway dengan beberapa syarat seperti harus mempromosikan akun Instagram brand Anda di media sosial peserta. 

Oh iya, Anda juga bisa melakukan endorse atau kerja sama dengan para influencer/selebgram di media sosial. Namun, hal ini membutuhkan  budget yang tidak sedikit. Anda harus menyesuaikannya dengan budget pemasaran yang Anda miliki terlebih dahulu ya. 

3. Mendaftarkan Bisnis Anda Menjadi Mitra di Perusahaan Ojek Online

Anda mungkin pernah memesan makanan/minuman via ojek online (ojol). Kehadiran ojol ini, nggak hanya membantu kita untuk lebih mudah saat ingin bepergian lho, tapi juga membantu para pebisnis kuliner. 

cara promosi, tips promosi, tips promosi makanan, tips promosi bisnis makanan

Jika bisnis Anda belum terdaftar dalam aplikasi ojol, segeralah mendaftar. Di masa pandemi ini, jumlah orang yang memesan makanan/minuman via ojol juga terus meningkat. Jadi, ini peluang untuk bisnis kuliner Anda meraup keuntungan yang lebih besar. 

4. Mencari Reseller

Bekerjasama dengan reseller dapat membantu meningkatkan penjualan secara signifikan lho. Anda bisa memberikan harga khusus untuk mereka yang ingin menjadi reseller produk bisnis kuliner Anda. Cara ini terbilang cukup cepat dan tentunya menguntungkan dua belah pihak. Reseller yang sudah biasa menjual produk makanan, pastinya sudah memiliki jaringan distribusinya atau pelanggan tetap, jadi mudah bagi mereka untuk mendistribusikan produk kamu dan menambah omzet penjualan mereka. 

Baca juga: Tips Foto Makanan Yang Mudah Dipraktikkan Untuk Bisnis Anda

Itu dia beberapa cara jitu untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda. Pastinya, semua itu tidak akan bisa berjalan dengan maksimal jika produk yang Anda jual tidak diperhatikan kualitasnya. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa produk yang Anda jual sudah dicek dan memiliki kualitas yang baik ya! 

Jika Anda sudah yakin untuk memulai bisnis makanan online, Anda bisa lho membuka website toko online Anda di AVANA. Anda bisa mempromosikan produk Anda secara mudah, efektif dan efisien dengan AVANA. Anda juga bisa memanfaatkan fitur untuk mencari Reseller dan Dropshipper produk Anda dengan mudah. Kami memberikan Anda kesempatan untuk membuka website toko online SECARA GRATIS. Mau? Ikuti langkah berikut ini ya!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *