Tips Atur Logistik Supaya Bisnis Online Makin Laris

July 23, 2020 12:14 pm Published by Leave your thoughts

Selain kualitas produk dan strategi promosi, masalah logistik atau pengiriman barang punya faktor penting di bisnis online. Ini karena menyangkut kepuasan pelanggan dalam menerima kiriman barang yang dibelinya. 

Supaya faktor logistik bisa ikut melancarkan jualan online-mu, pastikan beberapa hal berikut ini diperhatikan agar proses pengiriman barang hingga sampai ke pelanggan membuat mereka puas dan percaya untuk kembali ke toko online.

Cek Tarif dan Ketentuan Jika Barang Hilang atau Rusak

Untuk memperjelas informasi logistik ke customer, pastikan kamu memastikan detail tarif pengiriman pada perusahaaan logistik terkaiit. Selain itu, cek juga masalah jika barang yang dikirim mengalami kerusakan saat pengiriman atau hilang.

Tanyakan ketentuan-ketentuan pada pihak logistik terkait sehingga sebagai pihak penjual online, tau apa yang akan dilakukan atau disampaikan ke customer jika masalah tersebut terjadi. Tidak ada salahnya menanyakan kembali beberapa ketentuan yang ingin kamu ketahui langsung ke perusahaan logistik yang kamu pilih untuk bekerjasama.

Gunakan Perlindungan Ekstra 

Kalau produk yang kamu jual termasuk produk yang nilainya lumayan mahal dan cukup berisiko rusak dalam pengiriman, perlu dipikirkan untuk menambahkan opsi proteksi asuransi logistik sehingga customer bisa merasa aman untuk bertransaksi di toko online-mu. una

Sebaliknya, kalau produk jualanmu seperti produk fashion seperti baju, celana, sepatu, jilbab, kamu mungkin tidak perlu mengkhawatirkan kerusakan selama pengiriman karena ketahanan produknya.

Untuk menjaga barang-barang tetap aman, pastikan kamu memakai kemasan asli dari produsen atau pabrik. Karena packaging pabrik biasanya as biasanya sudah di desain sedemikian rupa oleh pabrik untuk menjaga keamanan barang di dalamnya.

Kamu juga bisa tambahkan styrofoam, bubble wrap, atau kotak kayu pada pengiriman barang-barang elektronik atau pecah belah.

Pilih Jasa Logistik Khusus Untuk Makanan

Buat yang produk jualan online-nya berupa makanan atau cake (selain makanan kering), pastikan untuk memilih logistik khusus yang spesialis untuk pengiriman makanan. Karena beberapa produk makanan butuh cargo khusus sehingga sampai di pelanggan dengan kondisi baik dan tidak mempengaruhi cita rasanya.

Buat Kebijakan Yang Jelas Dengan Konsumen

Ingat perusahaan logistik apapun hanyalah penghubung antara penjual online dan konsumen. Tapi sebaiknya sebagai penjual, kamu sudah punya regulasi atau ketentuan mengenai apa yang akan lakukan kalau ternyata barang yang tiba di tangan konsumen rusak atau malah tidak pernah tiba sama sekali alias hilang.

Kasus seperti apa yang akan akan diganti barang atau refund? Bagaiman kriteria barang tersebut rusak atau cacat produksi?

Semakin detail ketentuannya, kamu bisa cepat mengambil langkah jika ada kejadian terkait logistik. Ini adalah satu cara yang membuat customer merasa dilayani dan diperhatikan dengan baik.

Untuk memudahkanmu dalam memilih logistik untuk pengiriman barang dan mengola tracking pengiriman barang, kamu juga bisa minta bantuan AVANA dengan fitur-fitur andalan yang akan memudahkan bisnis online-mu.

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *