4 Strategi Endorsement Paling Efektif Supaya Jualan Makin Laris

July 20, 2020 1:52 pm Published by Leave your thoughts
tips endorsement

Stratetegi endorsement bisa dipakai supaya produk jualan online makin dikenal target pasar. Agar strategi ini bisa berjalan efektif, perlu strategi khusus supaya endorsement bisa tepat sasaran dan menghasilkan cuan maksimal. 

Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang endorsement? Berikut bahasannya!  

Pilih Profil yang Tepat Untuk Endorsement 

Para pemilik bisnis online sebaiknya jangan terburu-buru atau tidak pakai perhitungan yang tepat saat akan memilih profil yang di-endorse untuk mempromosikan produknya. Yang penting dilakukan dalam pemilihan profil, cek dulu apakah personal image-nya memang cocok dengan target market dari bisnismu. 

Bukan cuma jumlah follower-nya saja yang diperhatikan. Cek juga apakah audiens dari followr-nya juga merupakan target pasar bisnismu atau tidak. 

Intinya, endorsement bukan sekadar pasang foto atau Instagram story produk dengan si profil. Pastikan kalau si profil memang bisa mempengaruhi follower-nya akan produk yang kamu jual. 

Bisa Perluas Jaringan Pasar

Selain pakai endorse dari profil influencer, kamu juga bisa pakai strategi endorsement shoutout for shoutout (SFS). Caranya adalah dengan barter promosi dengan online shop lain. Cara ini dipakai untuk makin luas jangkauan orang yang mengenal produk. Dengan saling bertukar media promosi, peluang untuk mendapat potensial konsumen atau pelanggan juga semakin besar. 

Personal Branding Dari Pemilik Bisnis

Butuh modal tidak sedikit kalau endorsement selalu menekankan pada profil-profil orang terkenal. Biar lebih efektif, sosok dari pemilik bisnis atau tim bisnis bisa juga dimanfaatkan sebagai endorsement. Untuk memulai, pastikan si pemilik bisnis atau tim bisnis yang akan ditunjuk punya personal  branding yang kuat untuk bisa mempengaruhi follower-nya. Beberapa tips-nya adalah dengan rutin memberi informasi seputar tips bisnis, jualan online, strategi pemasaran di era digital, dan produk yang ditawarkan. 

Jaga Loyalitas dengan Konsistensi Kualitas Produk

Setenar-tenarnya profil yang ditunjuk buat endorsement, tapi kalau tidak dibarengi dengan konsistensi kualitas produk, hasilnya tentu akan tidak maksimal. Selain memperkenalkan produk ke pasar, para pemilik bisnis juga harus memperhatikan agar konsumen juga selalu puas saat menggunakan produk atau jasa yang dijual 

Kalau produk sudah dipercaya, endorsement secara tidak langsung, atau dari mulut ke mulut bisa lebih efektif untuk menjadikan konsumen atau pelanggan lebih loyal.

Dari bahasan ini dapat disimpulkan, aspek kesesuaikan audiens profil yang akan diendorse sangat penting diperhatikan sebelum menjatuhkan pilihan dengan siapa yang akan diajak kerjasama endorsement. Dan yang paling penting, kualitas produk tetap menjadi kunci agar endorsement bisa selalu berjalan efektif. 

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *