5 Tips Balas Chat Biar Pelanggan Langsung Beli

July 15, 2020 12:23 pm Published by Leave your thoughts

Meski terkesan gampang, balasan chat dari penjual ternyata sangat menentukan calon pembeli mau beli atau malah kabur. Ini dia tips ampuhnya. 

Meski terkesan sepele, pemakaian bahasa dan cara penjual merespon chat calon pembeli akan sangat berdampak pada terjadinya transaksi dalam bisnis online. Sebagai aktivitas rutin bagi pemilik toko online, aktivitas merespon chat ini ini jangan dilakukan asal-asalan atau lambat respon, dan malah membalas dengan kata-kata yang kurang mengenakkan. 

Sebagai panduannya, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjawab chat calon pelanggan

Pakai bahasa yang gampang dimengerti target pasar 

Meski berniat ingin lebih akrab, hindari pemakaian bahasa yang tidak umum atau alay. Dalam membalas chat pembeli, sebaiknya penjual online memakai  bahasa yang mudah dipahami agar apa yang disampaikan dapat dimengerti. Ini juga akan membuat calon pembeli bisa lebih cepat melakukan transfer pembelian dan juga meminimalkan miskomunikasi. 

Jangan bikin calon pembeli menunggu lama 

Untuk mendapatkan kesan baik dari calon pembeli, usahakan untuk balas chat secepatnya. Jangan bikin calon pembeli menunggu terlalu lama yang bikin dia membatalkan rencananya belanja online atau memilih toko online lain yang produknya sama tapi respon chat-nya lebih cepat. Gak mau calon pembeli banyak yang kabur kan? Nah, usahakan bisa lebih cepat setiap ada chat masuk. 

Balas chat secara relevan

Ketika berkomunikasi, balaslah chat secara relevan sesuai dengan topik yang dibicarakan. Ketika pembeli menanyakan sesuatu, jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan informasi apa yang dibutuhkan. Hindari pembicaraan yang keluar dari topik pembahasan. Sampaikan saja apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan berikan informasi seperlunya. Lakukan komunikasi secara berkualitas dengan membalas pesan dari pembeli dengan relevan. 

Gunakan kata-kata yang sopan

Dimanapun juga, baik komunikasi langsung atau via online, pastikan untuk menjaga etika dalam kata-kata. Hal tersebut akan membuat lawan bicara merasa dihargai. Hal ini pun berlaku bagi para pemilik toko online dalam melayani para calon pembelinya. Kesan yang bisa dan positif dari pemilik toko online tentu akan membekas di ingatan para calon pembeli sehingga bisa memaksimalkan keberhasilan transaksi atau pembelian ulang. 

Buat prioritas dalam balas chat 

Ketika toko online sudah mulai ramai dan sering kebanjiran chat, mulailah teratur dalam membuat prioritas balas pesan. Balaslah lebih dulu chat dari yang paling lama ke yang paling baru, dari percakapan pesan paling bawah ke atas. Dengan begitu, cara calon pembeli pun akan merasa nyaman dan dihargai karena cepat direspon saat menanyakan produk di tokomu.

Pakai fitur otomatis balas chat

Kecanggihan teknologi membuat bisnis online pun semakin terbantu. Dalam urusan layanan pesan, kamu pun bisa memanfaatkan fitur yang bisa mengotomasi balasan sehingga lebih efisien waktu. 

Salah satu opsi terbaik, kamu bisa pakai fitur andalan dari AVANA, yaitu AVAChat. kamu bisa mengatur seluruh aktivitas layanan chat kamu di Facebook, WhatsApp, Instagram, Line dan Telegram hanya melalui satu dashboard. 

Selain itu, layanan ini juga memungkinkanmu untuk memberikan informasi pengiriman, invoice dan informasi produk secara instan.

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *