Jadi, Apa Itu Supplier, Reseller dan Dripshipper?

June 22, 2020 5:37 pm Published by Leave your thoughts

Sering kali ketika membaca atau mendengar supplier sudah terlintas yaitu pemilik toko atau penjual asli. Berbeda dengan reseller dan dropshipper, orang mengkategorikan kedua hal tersebut sama. Padahal dua hal yang berbeda. Keduanya sangat diminati oleh kaum milenial karena dianggap tidak rumit seperti berjualan offline atau bahkan seperti supplier. Sebenarnya apa itu supplier, reseller, dan dropshipper?

Supplier adalah penyedia bahan mentah atau bahan baku yang akan dikelola oleh perusahaan atau orang lain untuk menjadi bahan atau produk siap jual. Bahan mentah tersebut akan dikelola oleh pabrik atau tempat produksi. Contohnya, A adalah pemilik ternak sapi dan PT B adalah pabrik susu. PT B nantinya akan meminta bahan mentah yaitu berupa susu segar yang diperah langsung dari ternak sapi A. Di PT B, susu tadi akan dikelola menjadi minuman susu dengan bermacam rasa. Dalam kasus ini, A adalah supplier susu untuk pabrik susu.

Secara bahasa re adalah kembali dan seller adalah penjual. Jadi, reseller adalah orang yang menjual kembali barang kita. Mereka akan membeli barang dari produsen untuk dijual kembali, bukan untuk dikonsumsi sendiri. Reseller akan mendapatkan harga khusus dari produsen. Misalkan, harga asli 1 dus susu Rp. 100.000, maka produsen akan memberikan harga Rp. 95.000 untuk reseller. Kemudian reseller bisa menjual kembali susu tersebut dengan harga Rp. 105.000. Jadi keuntungan yang reseller dapatkan sebanyak Rp. 10.000.

Dropshipper adalah orang yang ingin menjual kembali barang dari produsen tapi tidak memiliki stok barangnya. Mereka hanya sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Ketika pelanggan ingin membeli barang dari dropshipper, dropshipper akan langsung menghubungi pemilik barang untuk bertransaksi dengan pembeli. Harga yang didapatkan oleh dropshipper juga berbeda.

Bagaimana sudah tidak bingung lagi kan membedakan antara supplier, reseller, dan dropshipper? Semoga penjelasan di atas bisa membantu.

Tags: , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *