Cara Mencuri Hati Pelanggan Melalui Instagram! Anti GAGAL

June 19, 2020 6:03 pm Published by 1 Comment

Instagram tidak hanya dijadikan sebagai media berbagi foto dan video pribadi, tapi juga bisa dijadikan sebagai media bisnis usaha Kamu. Kini banyak pebisnis muda yang sudah berjualan online di IG. Hadirnya Instagram di jagad online, mampu mengubah cara berbisnis masyarakat, dari cara bisnis konvensional menjadi cara bisnis digital. Instagram bisa dijadikan ladang bisnis dengan prospek yang menguntungkan dan hasil yang menjanjikan. Berjualan online di IG memang mudah dilakukan, tanpa ribet dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Kamu hanya perlu memiliki akun instagram khusus profil bisnis, setelah itu Kamu bisa memposting foto-foto produk Kamu untuk dipasarkan ke banyak orang.

Namun seperti bisnis pada umumnya, Kamu akan mengalami masa-masa sulit saat berjualan di IG. Mulai dari sepi peminat, sepi pengunjung, dan gagal closing. Oleh karena itu, Kamu harus mengetahui tips jago jualan online di instagram agar laku dan bisnis Kamu cepat berkembang.

Inilah Mencuri Hati Pelanggan Melalui Instagram!

Lengkapi Profil Instagram Bisnis Usaha Kamu

Untuk berjualan online di Instagram, sebaiknya Kamu memakai profil bisnis bukan profil pribadi. Kemudian isi profil bisnis Kamu di bio instagram, secara jelas dan singkat. Kamu juga perlu mencantumkan kontak yang bisa dihubungi, mulai dari nomor telepon, alamat, email, maupun website bisnis Kamu. Sertakan juga foto profile dengan logo bisnis Kamu. Pastikan juga profil bisnis Kamu tidak terkunci atau tergembok agar akun Kamu bisa dilihat oleh semua orang.

Perhatikan Kualitas Konten Produk Kamu

Sebelum memposting konten foto maupun video produk, Kamu harus memperhatikan kualitas visualnya. Jangan sampai Kamu memposting foto-video yang pecah, blur, dan kualitas gambar yang buruk. Hal tersebut akan membuat konsumen tidak tertarik dengan konten bisnis Kamu, sehingga konsumen meninggalkan profil IG bisnis Kamu dan beralih ke profil bisnis IG yang lain.

Jangan Fokus Pada Jumlah Like Instagram

Banyak pebisnis online yang terlalu fokus pada jumlah like, dibandingkan dengan jumlah transaksi yang terjadi di postingan Kamu. Padahal, kesuksesan jualan online di instagram ditentukan oleh seberapa banyak calon konsumen berinteraksi dengan Kamu melalui profil bisnis Kamu. Sebaiknya Kamu fokus pada konten bisnis yang kreatif dan memberikan nilai manfaat bagi konsumen

Aktif Memposting Foto Produk di Instagram Pada Waktu yang Tepat

Agar profil bisnis Kamu tetap dikunjungi banyak orang, maka Kamu harus rajin memposting  produk jualan Kamu di IG secara kreatif. Namun Kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk memposting, jangan memposting foto jualan produk di waktu yang bersamaan, karena bisa mengganggu berKamu pengikut Kamu. Sebaiknya posting lah di waktu yang berbeda, seperti pada pagi hari, siang hari, sore hari ataupun malam hari.

Berinteraksi-lah Dengan Follower Kamu

Untuk menjaga hubungan yang baik dengan follower, maka Kamu perlu berinteraksi dengan follower Kamu. Jika follower Kamu berkomentar di postingan Kamu, maka Kamu wajib membalasnya. Hal ini untuk menjaga kepercayaan dan kredibilitas bisnis Kamu di Instagram. Pastikan juga folllower yang bertanya melalui pesan masuk juga Kamu balas satu per satu.

Tambahkan Hashtag yang Relevan

Foto jualan Kamu bisa dijangkau lebih banyak orang, jika Kamu menambahkan hashtag di setiap postingan. Kamu bisa memberi hashtag sampai 30 tag pada caption foto dan video yang relevan dengan bisnis Kamu. Misal Kamu jualan jersey sepak bola, maka hashtag yang Kamu gunakan adalah #jerseybola #jerseymurah #jualjersey dan sebagainya. Jangan memakai hashtag yang tidak relevan dengan bisnis Kamu seperti #likeforlike, #likeforfollow, #followforfollow

Hapus Foto Produk Lama yang Sudah Terjual di Instagram

Hal yang selalu dilakukan oleh penjual online di instagram adalah tetap menyimpan foto  produk lama yang sudah terjual. Padahal foto produk tersebut sudah terjual atau SOLD OUT. Sebaiknya hapus foto lama agar tidak mengganggu tampilan profil bisnis Kamu, agar pengunjung tidak kecewa karena barang yang diinginkannta telah laku terjual.

Pasang Iklan, Endorse, atau Paid Promote

Bagi Kamu yang memiliki dana lebih, maka Kamu bisa memanfaatkan layanan iklan Foto atau video Kamu akan dilihat oleh banyak orang, karena iklan Kamu akan tampil di semua timeline/berKamu yang sesuai dengan target market bisnis Kamu. Selain itu, Kamu juga bisa memanfaatkan layanan endorse artis atau paid promote di akun-akun instagram populer yang sudah memiliki banyak follower.

Itulah 8 tips sukses jualan di Instagram agar laku. Tips bisnis di Instagram ini cocok dilakukan untuk pebisnis pemula maupun pebisnis profesional untuk mengembangkan keuntungan bisnisnya. Semoga cara jualan online di Instagram ini bisa bermanfaat bagi semua saja yang telah membaca dan mempraktekannya.

Tags: , , , , , , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by AVANA INDONESIA

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *