Bisnis Online Tanpa Modal Di Tengah Pandemi? Yuk Intip Rahasianya

June 18, 2020 5:38 pm Published by 1 Comment
Bingung pengen nambah penghasilan bahkan berbisnis di tengah pandemic covid 19? Yuk simak tips dan triknya dari AVANA! Agar tetap bisnis online

Bisnis online adalah bisnis yang sedang berkembang di masyarakat Indonesia, terutama untuk kaum milenial atau anak muda. Ada banyak jenis usaha online yang diminati oleh mereka seperti usaha pakaian, make up, dan makanan. Mereka menjadikan bisnis online sebagai usaha sampingan tapi ada juga yang menjadikannya sebagai bisnis utama. Beberapa orang yang sudah menjadi pengusaha, banyak yang berpindah juga menjadi pengusaha online. Alasan utamanya adalah bisnis online tak perlu banyak modal atau bahkan bisa saja tanpa modal. Namun, benarkah bisnis online tidak membutuhkan modal?

Toko Online Memerlukan Budget

Pengusaha online berpikiran bahwa bisnis online lebih murah jika dibandingkan dengan bisnis biasa atau bisnis offline. Baik bisnis online maupun bisnis offline keduanya memiliki banyak plus dan minus. Media sosial dapat dijadikan wadah atau toko bagi mereka yang berjualan online. Keunggulannya, mereka bisa membuat akses gratis dengan menggunakan akun pribadi atau akun bisnis. Hanya saja jika mereka ingin lebih menguatkan pemasarannya, mereka juga harus mengeluaran budget untuk iklan. Artinya, bisnis online juga memerlukan modal. Biaya promosi untuk di setiap media sosial juga berbeda.

Belum lagi jika mereka ingin serius menekuni bisnis online, merek harus memiliki website sendiri untuk berjualan. Harga pembuatan sebuah website pun beragam tergantung fitur yang ada di dalam website tersebut. Webiste murah dengan fitur yang lengkap dapat dibuat di AVANA. Hanya dengan Rp. 7.000 perhari atau Rp. 2.5 juta per tahun, website dan fitur untuk mengelola bisnis online dapat dinikmati dengan mudah. 

Tidak beda jauh dengan bisnis online, bisnis offline juga memerlukan biaya iklan yang dapat dikelola melalui baligo, flyer, atau bisa juga promosi di media masa. Hanya saja modal yang dikeluarkan untuk tempat usahanya memerlukan lebih banyak persyaratan seperti surat izin usaha dan bangunan. 

Gaji Pegawai

Siapa bilang toko online tidak memerlukan pegawai. Bayangkan jika usaha online yang dijalankan sudah besar dan mempunyai banyak pesanan. Tentunya semua kegiatan mulai dari pengelolaan produk sampai pengiriman barang tidak dilakukan oleh seorang diri. Akan ada beberapa tim untuk pengelolaan pastinya. Jadi, jiika berpikiran bahwa bisnis online itu tidak memerlukan modal, pikirkan kembali gaji pegawai yang direkrut untuk membantu menjalankan usaha tersebut

Biaya produksi

Ada beberapa jenis usaha online yang tidak memerlukan produksi barang seperti reseller dan dropshipper. Keduanya memang tidak berperan langsung sebagai pemilik barang, namun keduanya juga dapat bertindak sebagai penyuplai barang. Menjadi seorang reseller dan dropshipper juga memerlukan modal yang cukup besar karena cara bermain untuk menjadi reseller dan dropshipper harus membayar dahulu barang yang akan dijual kembali.

Pada dasarnya berbisnis adalah usaha untuk mendapatkan uang. Uang tidak datang begitu saja namun harus dipancing juga dengan usaha dan uang lagi. Begitu pula bisnis online yang memerlukan modal untuk biaya toko online, upah bagi yang membantu, dan pendanaan barang awal. 

Butuh Dana Tambahan? Yuk, Buka Usaha Tanpa Modal!

Dropshipper (Online Shop)

Salah satu usaha yang bisa Kamu jalankan yaitu membuka toko online. Lho, kan tetap saja berjualan di online shop membutuhkan modal awal, mana mungkin bisa tanpa modal? Tenang, Kamu bisa menggunakan cara dropship. Kamu harus mencari supplier terlebih dahulu yang menawarkan harga termurah di pasaran, setelah itu barang langsung dikirim dari supplier ke pembeli tanpa melalui Kamu.

Sebagai dropshipper, Kamu hanya perlu memasarkan produk melalui media sosial. Manfaatkan ponsel pintar dan internet yang Kamu miliki untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari usaha ini. Namun, jika merasa kesulitan mendapat kepercayaan pelanggan karena produknya tidak ada di tangan Kamu langsung, Kamu bisa beralih menjadi reseller.

Bisnis Barang Secondhand

Membutuhkan uang untuk keperluan mendadak? Jual barang-barang bekas layak pakai yang Kamu miliki yuk! Memang bukan usaha yang bisa berkembang besar, namun jenis usaha tanpa modal ini bisa Kamu coba di saat Kamu merasa kepepet memerlukan uang tambahan.

Pasti Kamu memiliki banyak barang-barang yang tidak terpakai, mulai dari pakaian, tas, aksesoris, sepatu, buku, dan kosmetik. Padahal semua itu masih sangat layak dan terlihat seperti baru, mungkin di antaranya belum pernah Kamu pakai karena salah membeli.

Nah, manfaatkan saja media sosial pribadi Kamu atau buka toko online baru yang khusus menjual barang preloved atau secondhand Kamu. Dengan pemasaran yang tepat, semua barang yang Kamu jual akan ludes terjual dalam sekejap.

Jasa Penulis Lepas

Butuh Dana Tambahan? Yuk, Buka Usaha Tanpa Modal! – opportunity cost – biaya peluang

Selain menjual produk, Kamu juga bisa menjual jasa. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan freelancer untuk menulis artikel di dalam blog mereka. Biasanya, tema tulisannya berkaitan dengan lifestyle dan juga bisnis.

Sehingga dapat dikatakan, menjadi seorang penulis lepas merupakan sebuah peluang yang mumpuni bagi Kamu yang ingin menghasilkan uang tanpa modal. Kamu hanya perlu berpikir secara kreatif dan memiliki keahlian dalam menulis konten khususnya artikel. Kuncinya adalah kemauan dan usaha, Kamu pasti bisa melakukannya! Bahkan sudah banyak penulis lepas yang awalnya tidak memiliki bakat menulis, namun mereka terus menerus belajar hingga akhirnya menjadi penulis profesional.

Jasa Desain Grafis dan Editor

Jika Kamu mahir membuat sesuatu yang mengKamulkan kreativitas, Kamu bisa mencoba menjual jasa desain grafis atau editor untuk video dan foto. Kamu dapat menggunakan laptop pribadi untuk melakukan hal ini. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk menjalankannya. Walaupun begitu, uang akan tetap mengalir ke rekening Kamu.

Kamu bisa branding diri Kamu sendiri atau memberitahu teman-teman kalau Kamu membuka jasa tersebut. Namun, Kamu juga harus berhati-hati, banyak teman yang berminat karena menganggap akan diberi ‘harga teman’ bahkan gratis. Tapi itu terserah Kamu, keputusan soal biaya jasa ada di tangan Kamu. Jangan sampai Kamu menyesali keputusanmu.

Nah, itulah jenis usaha tanpa modal yang bisa Kamu jalankan.

Semoga bermanfaat! Selamat berbisnis dan semangat membawa

Tags: , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *