Tips Jitu Yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis

June 17, 2020 5:53 pm Published by 1 Comment

Dunia Bisnis kini telah banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik dari kalangan dewasa hingga remaja. Olehkarena itu, tak heran jika kamu banyak menemukan pebisnis yang masih muda atau masih bersekolah. Namun, sebelum berbisnis, kamu juga harus memiliki rencana dan persiapan yang matang. Berikut ini ada hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum mulai berbisnis.

Nama Bisnis

Nama adalah doa dan identitas. Bukan hanya hewan atau manusia, bisnis juga harus diberikan nama. Pastikan kamu memberikan nama yang sesuai dengan bisnis kamu. Jangan sampai kamu membuka usaha makanan tapi kamu memberikan nama yang terkesan lebih ke pakaian. Jangan membuat nama yang sulit diucapkan atau diingat, buatlah nama yang simple agar dapat mudah dikenal.

Produk

Kamu membuka bisnis untuk menjual produk bukan? Produk tidak hanya berupa barang tapi bisa juga jasa. Untuk barang kamu bisa menjual produk pakaian, buku, atau makanan. Kamu juga bisa menjual usaha berupa jasa seperti jasa menerjemahkan atau menggambar untuk sampul buku.

Anggaran Bisnis

Kamu juga harus pandai menghitung jumlah anggaran seperti untuk kebutuhan promosi, sewa barang, dan biaya produksi. Selain itu, melakukan riset dan merencanakan keuangan akan lebih memperjelas kamu dalam menghitung biaya produksi dan keuntungan. Kamu bisa mencatat dan memprediksi kisaran biaya yang diperlukan untuk menunjang bisnis kamu.

Target Pasar

Target pasar adalah calon pembeli atau pelanggan kamu. Ada banyak target pasar seperti remaja wanita, wanita dewasa, atau anak sekolahan. Alangkah lebih baik kamu melakukan riset untuk menentukan calon pelanggan. Hal ini penting untuk pemasaran karena jika kamu salah menentukan target pasar, maka pemasaran yang dilakukan juga akan tidak tepat.

Pemasaran

Setelah tahu produk kamu akan ditujukkan kepada siapa, tentukan strategi pemasaran. Jika target pasar kamu adalah remaja, kamu bisa membuat iklan di media sosial. Hal ini dilakukan karena para remaja akan mengikuti trend dan informasi terkini melalui media sosial.

Teknik pemasaran melalui media sosial juga biasa dikenal dengan sosial commerce marketing.

Di Indonesia mungkin istilah platform social commerce sedikit terdengar asing atau banyak yang beranggapan bahwa social commerce platform sama dengan marketplace. Platform social commerce dan marketplace adalah dua hal yang berbeda. Di artikel sebelumnya telah dijelaskan perbedaan marketplace dan platform social commerce. Agar lebih paham mengenai platform social commerce, yuk simak penjelasannya berikut.

Platform social commerce bisa disebut software atau perangkat lunak yang diciptakan untuk berjualan secara online dan membangun storefronts. Storefronts adalah skema bisnis yang berkaitan dengan penjualan produk atau jasa. Platform ini juga memiliki hak kekayaan intelektual dan hak cipta, dan di dalamnya memiliki software pengembangan. Di Indonesia sudah ada beberapa merk social commerce platform, salah satunya adalah AVANA.

AVANA adalah platform social commerce yang sudah terintegrasi dengan media sosial yaitu Facebook. Berbeda dengan platform lainnya, di AVANA penjual bisa langsung mendapatkan webstore dan facebookstore. Kekuatan utama dari AVANA adalah hanya dengan satu dasbor, penjual dapat mengunggah produk dan langsung secara otomatis produk akan muncul di webstore dan facebookstore.

Fitur-fitur di dalamnya juga sangat membantu penjual dalam menjalankan bisnis online nya seperti fitur balas pesan otomatis, manajemen order, manajemen produk, sampai sistem pembayaran.

Platform social commerce juga memberikan kemudahan membuat brand awareness karena pada dasarnya penjual dibuatkan webstore sendiri. Hal ini membuat pembeli akan lebih mudah mencarinya di mesin pencarian karena mereka sudah memiliki alamat website sendiri.

Platform social commerce terutama AVANA adalah alat yang dibuat untuk mempermudah penjual berjualan, khususnya berjualan online.

Ada beberapa cara untuk memasarkan produk seperti membuat iklan di media sosial dan radio. Selain itu, kamu juga bisa membagi produk kamu secara gratisan. Contohnya kamu membuka usaha makanan, kamu bisa membagikan makanan kamu di acara car free day.

Buatlah perencanaan yang matang sebelum menjalankan bisnis agar bisnis kamu dapat berjalan dengan lancar. Semoga berhasil.

Tags: , , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by AVANA INDONESIA

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *