Taktik Menaikan Penjualan Bisnis di Tengah Covid 19

May 31, 2020 2:26 pm Published by Leave your thoughts

Virus corona yang sedang mewabah di berbagai negara nyatanya berimbas pada sektor perekonomian, termasuk bisnis. Di antara bisnis F&B, Ritel, dan Servis, yang paling terkena imbasnya adalah bisnis F&B. Apalagi, sejak ada imbauan dari Presiden Joko Widodo untuk tetap berada di rumah guna memutus rantai virus corona ini.

Memang, hal ini menjadi tantangan bagi para pemilik bisnis agar tetap bisa berjalan dengan baik di tengah krisis. Untuk itu, pada artikel ini, kami akan memaparkan lebih jauh cara agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona.

Fokus Pada Online Bisnis Food Delivery

Online delivery – jasa antar makanan – pizza – Agar Bisnis Tetap Bertahan Saat Wabah Corona Seperti yang diketahui, imbauan untuk tidak keluar rumah adalah sesuatu yang harus diindahkan, sebab hal ini terbukti ampuh untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona. Lantas, apa dampaknya pada bisnis F&B? Bagi Anda yang memiliki outlet offline, akan sangat mungkin outlet Anda sepi karena memang pelanggan lebih memilih di rumah saja.

Agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona, lebih baik Anda fokus pada online food delivery saja guna memudahkan pelanggan untuk tetap bisa menikmati santapan dari restoran atau kedai Anda.

Dengan terdaftarnya bisnis F&B Anda di dua aplikasi tersebut, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memberi diskon khusus, hingga memudahkan pelanggan untuk menikmati menu-menu pilihan tanpa harus keluar rumah. Dengan demikian, Anda tetap bisa meraup pendapatan.

Sarankan Pelanggan Untuk Menggunakan Mobile Payment

WHO mengatakan, ada kemungkinan bahwa infeksi mematikan dari virus corona bisa saja berasal dari uang tunai, sebab uang tunai sering berpindah tangan dan bisa menjadi sarang bakteri serta virus. “Kami menyarankan semua orang untuk segera mencuci tangan setelah memegang uang kertas dan jangan menyentuh wajah,” ujar WHO, seperti dikutip dari Kompas.com. WHO juga menyaraknan supaya sebaiknya masyarakat menggunakan mobile payment atau pembayaran nontunai. Namun, bukan berarti mereka menyarankan untuk tidak menggunakan uang tunai sama sekali.

Nah, bagi Anda para pemilik bisnis, tidak ada salahnya mengikuti anjuran dari WHO tersebut. Dengan menggunakan mobile payment, Anda, karyawan, maupun pelanggan bisa sama-sama meminimalisir risiko terkena dampak wabah tersebut.

Analisis Strategi Bisnis

Mengetahui laporan penjualan lewat aplikasi kasir – membuka bisnis pakaian – manfaat aplikasi kasir – aplikasi kasir toko untuk PC

Selagi Anda #DiRumahAja, mungkin Anda memiliki lebih banyak waktu luang dibanding biasanya. Ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menganalisis strategi bisnis yang telah Anda jalani. Sebagai contoh, pada Q4 tahun 2019, Anda mengeluarkan budget sebesar Rp50 juta untuk mempromosikan bisnis fashion Anda, yang mana berdampak pada peningkatan penjualan sebesar 30%. Bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ternyata penjualannya lebih sedikit, meski budget yang dikeluarkan sama.

•             Promosi apa saja yang dilakukan dan mana yang paling efektif?

•             Apabila budget-nya ditambah atau dikurangi akan berpengruh terhadap penjualan?

•             Produk apa saja yang paling laku dan dari mana pembeli datang? Media sosial, website, atau e-commerce?

Apabila Anda ingin mengakses berbagai data penjualan harian secara lengkap, Anda pun bisa melihatnya dari Backoffice Moka agar Anda tak perlu menganalisisnya satu per satu.

Perdalam Ilmu Bisnis

Ada banyak sumber yang menyediakan berbagai materi dan ilmu mengenai bisnis, baik yang gratis maupun berbayar. Bagi Anda para pebisnis yang tetap ingin bertahan saat wabah corona, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya untuk menimba lebih banyak ilmu. Anda bisa mendapatkan materi soal bisnis dari blog, e-book, media sosial, video, webinar, hingga podcast.

Tunjukkan Komitmen Anda Pada Pelanggan

Saat wabah corona merebak dan bisnis berada dalam posisi sulit, inilah saat yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan kembali kepercayaan pelanggan. Yakinkan mereka bahwa bisnis Anda berkomitmen untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan. Bagaimana caranya? Misal, apabila pelanggan tidak bisa datang ke restoran Anda secara langsung, gunakanlah jasa GoFood dan GrabFood seperti yang telah disebutkan pada poin pertama. Dengan tetap meningkatkan kualitas produk serta layanan bisnis, pelanggan akan tahu bahwa Anda akan dengan senang hati dan siap sedia memenuhi kebutuhan mereka.

Tetap Transparan Dalam Berbisnis

Mengecek ketersediaan stok di gudang – Tips Menggunakan Aplikasi Stok Barang Gratis untuk Bisnis Kuliner ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk tetap membuat pelanggan percaya pada bisnis Anda, yakni tetaplan transparan. Sebagai contoh, Anda adalah seorang pebisnis ritel yang menjual berbagai jenis hijab.

Berdasarkan Data Internal Moka, hijab merupakan produk ritel fashion yang paling banyak diburu. Nyatanya, wabah corona menyebabkan keterlambatan dalam pengiriman produk kepada pelanggan. Dari yang biasanya hanya dalam 3 hari kerja, sekarang bisa sampai 2 minggu kerja. Supaya pelanggan tidak bertanya-tanya atau komplain kepada Anda, infokan dengan jujur mengenai adanya keterlambatan tersebut dan estimasi kapan barang akan sampai.

Tetap Berkomunikasi Secara Aktif Dengan Pelanggan

Agar bisnis tetap bertahan saat wabah corona, Anda perlu memikirkan startegi komunikasi yang tepat ketika berhadapan dengan pelanggan.

Ada sebagian perusahaan yang mengubah jadwal Customer Service mereka, entah memperpanjang atau mengurangi jam operasi. Bila ada perubahan jadwal, infokan dengan detail kepada pelanggan Anda, baik melalui media sosial, email, atau kanal komunikasi lainnya.

Tawarkan Pengalaman Berbeda Untuk Pelanggan

Sebagai contoh, tadinya Anda berencana untuk mengeluarkan koleksi fashion terbaru menjelang Ramadan. Akan tetapi, virus corona yang membuat bisnis agak goyang membuat Anda terpaksa harus menunda launching produk Anda.

Ya, meski launching produk tersebut ditunda, Anda sebenarnya bisa tetap memperkenalkan produk tersebut kepada para pelanggann secara online. Entah lewat website atau media sosial bisnis Anda.

Tawarkan pengalaman berbeda kepada pelanggan. Yang tadinya Anda menjual produk-produk siap pakai, kali ini ajak pelanggan untuk Pre-Order produk Ramadan Anda. Berikan diskon khusus untuk 25 pelanggan utama sebagai reward untuk mereka. Menarik, bukan?

Tags: , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *