Kenapa Harus Daftar dan Punya Akun Baru untuk Bisnis Online

Maret 24, 2020 7:36 pm Published by Leave your thoughts
Sejatinya akun bisnis haruslah terpisah dengan akun pribadi, karena sangat penting bagi keberlangsungan laju bisnis. Maka dari itu yuk simak penjelasannya!

Tak punya banyak uang tapi ingin berwirausaha, apa bisa? Tapi buktinya memang ada saja pengusaha sukses tanpa mengandalkan modal (dalam arti dana, Red) besar di awal bisnisnya ternyata meraih sukses. Bahkan sebagiannya lagi dengan dana nol, memberanikan diri untuk mulai berwirausaha.

Kondisi tersebut agaknya bisa sejalan jargon yang sering dibunyikan para pakar dan konsultan

kewirausahaan, “Tidak punya uang, mari berwirausaha”. Maksudnya kurang lebih, berwirausaha dapat diandalkan sebagai salah satu sumber pendapatan, asalkan pebisnis memiliki modal kuat untuk berbisnis. Sementara uang bukanlah satu­satunya penentu bisa tidaknya sebuah bisnis dimulai.

Jangan lupa, modal tidak selalu identik dengan kepemilikan dana segar, melainkan juga bagaimana caranya memanfaatkan peluang serta waktu yang ada. Ketika ide hadir, apakah bisa dengan cepat direalisasikan. Apakah sudah siap dengan sikap mental positif dalam berbisnis? Masih banyak modal selain uang yang menentukan langkah seseorang dalam memulai bisnis. Namun sungguh sayang, banyak langkah untuk memulai bisnis terhenti hanya karena alasan tidak memiliki modal uang. Sementara faktor lain yang tak kalah penting sering terabaikan. Lebih dari hanya sekedar kebutuhan uang, dunia kewirausahaan penuh dengan ketidakpastian. Sementara informasi yang dimiliki oleh yang akan memulai usaha sedikit. Oleh karenanya, seorang calon pebisnis dituntut untuk memiliki sikap berani bertindak, mengambil risiko.

Kualitas Dulu, Baru Untung

Mendefinisikan tujuan pendirian usaha sebelum memulai bisnis merupakan salah satu kunci kesuksesan pebisnis. Dan tak dapat dipungkiri, setiap orang pasti ingin meraih untung dari bisnis yang akan dijalankan. Uang dalam nominalnya kerap jadi ukuran keberhasilan sebuah usaha. Berapa omsetnya sekarang? Atau, berapa laba per bulan? Sering jadi pertanyaan yang dilontarkan bagi sebuah usaha.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, apakah uang atau keuntungan merupakan satu­satunya tujuan Anda? Jika ya, sebaiknya berhati­hati dengan tujuan tersebut. Memfokuskan diri pada tujuan keuntungan tak ada salahnya. Namun jangan lalai, untuk tujuan tersebut sebaiknya definisikan beberapa tujuan kecil sebagai penjembatan agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Sebagai contoh, usaha Anda bergerak di bidang makanan yang notabene berhubungan dengan pemuasan citarasa bagi para pelanggan. Sebaiknya tujuan pertama Anda adalah memberikan citarasa dan pelayanan yang baik bagi pelanggan. Dengan harapan, pelanggan yang puas akan kembali lagi bersama teman dan atau keluarga serta memberikan informasi tentang usaha Anda kepada orang lain.

Atau usaha Anda di bidang budidaya agribisnis? Anda sebaiknya memfokuskan diri untuk berusaha semaksimal mungkin agar dapat berproduksi dengan mutu dan kuantitas yang baik, sehingga dapat memenuhi pasokan. Dengan kualitas dan juga kuantitas produk yang baik akan mempermudah penjualan produk Anda.

Sebagai bukti keseriusan, pemula bisnis perlu mengawasi bisnis secara intensif pada masa awal bisnis dibuka. Selain juga memiliki ide kongkret untuk mempertahankan keuntungan perusahaan selama beberapa tahun mendatang. Rencana yang jelas dan disertai riset pasar yang memadai setidaknya dapat meminimalisir kegagalan dan kerugian finansial.

Usaha akan tumbuh jika Anda secara konstan melakukan penemuan­penemuan baru, memperbaiki, dan mengembangkan produk serta pelayanannya. Maka tak ada ruginya jika pebisnis aktif mengikuti seminar atau pelatihan untuk meningkatkan pendapatannya.

Menurut sebuah studi oleh The CMO Survey, anggaran pemasaran yang dikeluarkan oleh brand-brand di media sosial diperkirakan akan berlipat ganda (dari 11% menjadi 24%) dalam lima tahun ke depan. Juga sesuai catatan oleh Statistica , 95% orang dewasa muda mengikuti brand melalui jejaring media sosial dan jumlah pengguna media sosial pada akhir 2018 akan menjadi 2,5 miliar.

Tetapi bahkan statistik yang sangat meyakinkan seperti itu belum dapat meyakinkan yang tersisa tentang manfaat situs jejaring sosial dan bergabung dengan kereta musik.

Berikut 7 alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan kehadiran akun baru di media sosial yang kuat:

Membangun kepercayaan Bisnis

Kehadiran media sosial telah menjadi sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Anda dapat bertahan hidup tanpa toko fisik tetapi tidak memiliki kehadiran sosial akan dihina. Baik itu toko online atau startup, ini berlaku untuk semua bisnis online. Jika Anda tidak memiliki kehadiran aktif di saluran media sosial, maka, Anda kehilangan profil penting brand.

Keunggulan Kompetitif Bisnis

Apakah Anda pikir pesaing Anda juga tidak peduli dengan keberadaan media sosial? Anda mungkin salah. Ada kemungkinan besar bahwa branda menginvestasikan waktu dan uang branda untuk membangun kehadiran sosial online yang positif untuk mendapatkan bisnis.

Tidak memiliki kehadiran media sosial akan memberi Anda semua manfaatnya dan branda akan secara otomatis diteruskan ke pesaing Anda. Jadi, perhatikan baik-baik dan lihat apa yang telah branda lakukan.

Koneksi Virtual dengan Pelanggan Tidak Terganggu

Sangat penting bagi perusahaan virtual untuk membuktikan kredibilitas branda dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Platform media sosial memberi Anda kesempatan untuk membuat ikatan dengan pelanggan Anda. Sebagai brand Anda harus tahu bahwa penting untuk melibatkan pelanggan Anda dan dengan demikian menggunakan jaringan media sosial yang berbeda untuk mempromosikan layanan Anda.

Prospek Penjualan & Bisnis

Media sosial sangat berguna dalam menghasilkan arahan. Dengan saluran sosial modern seperti Pinterest dan YouTube yang memungkinkan pembelian langsung, media sosial menjadi semakin kuat. Instagram juga meluncurkan tombol ajakan bertindak yang membantu audiensnya untuk berbelanja dan menginstal aplikasi.

Media sosial berkembang sangat cepat dan akan segera mendorong penjualan dengan cara yang besar. Dan jika Anda tidak akan berada di sana ketika itu terjadi, Anda akan kalah.

Saluran Pemasaran Bisnis

Semua saluran media sosial memiliki mesin pemasaran yang terdefinisi dengan baik untuk membantu brand terhubung dengan audiens target branda. Kiriman Bersponsor Facebook dan Kampanye Pemasaran Twitter adalah dua cara paling populer untuk memasarkan produk dan layanan Anda.

Kekuatan media sosial sangat besar, dan dapat membuka pintu kesuksesan bagi bisnis Anda ketika digunakan dengan cara yang benar. Manfaat yang dihasilkan oleh saluran media sosial dapat diukur dan tidak ada alasan mengapa Anda tidak boleh menggunakannya.

Pada intinya, apapun usaha yang dijalani, mulailah bekerja dengan sebaik­baiknya. Bersungguh­ sungguh agar pelanggan merasa puas dengan produk dan atau jasa yang dihasilkan. Jika tujuan ini tercapai, yakinlah bahwa pengisi pundi­pundi akan mengalir dengan sendirinya. Tapi sebaliknya, tujuan mencari keuntungan sebesar­besarnya tanpa diiringi tujuan pengiring tadi bisa menyebabkan tujuan utama Anda sia­-sia

Tags: , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by AVANA Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *