8 Tips Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan ala AVANA

Maret 20, 2020 11:32 am Published by Leave your thoughts

Marketing merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan omzet penjualan toko online. Sebagaimana Anda ketahui, prioritas utama para pebisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya yang diperoleh dari penjualan produk dan pastinya dengan beberapa Tips Penjualan yang ampuh.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, apa pun tujuan Anda, Anda dapat mencapainya dengan lebih mudah. Mengapa demikian? Karena marketing sendiri sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan dapat ditemukan dalam berbagai aktivitas.

Mengapa Marketing Penting Untuk Bisnis dan Mengapa Tips Penjualan Juga Penting?

Disadari atau tidak, kesuksesan sebuah bisnis tergantung pada marketing. Sebuah produk yang berkualitas tinggi bisa kalah populer dari produk yang biasa saja hanya karena strategi pemasaran.

Anda tentu pernah menyaksikan fenomena tersebut, bukan? Anda pun bertanya-tanya, apa penyebabnya? Jawabannya hanya satu, marketing. Tanpa pemasaran yang tepat, sebuah bisnis akan sulit meraih potensi maksimal. Agar Anda lebih paham, simak Tips Penjualan ala AVANA untuk bisnis online Anda:

1.     Tips Penjualan Butuh Brand Awareness

Salah satu tujuan utama dari marketing adalah untuk menciptakan kesadaran produk atau brand awareness. Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengingat nama merek, logo, gambar, ataupun slogan produk yang Anda pasarkan.

Agar tujuan tersebut tercapai, umumnya marketer akan menerapkan konsep AIDA, yang artinya:

  • Attention – menarik perhatian calon konsumen.
  • Interst – membangkitkan minat calon konsumen.
  • Desire – membangkitkan rasa ingin mencoba.
  • Action – menggiring konsumen membeli produk Anda.

Dengan konsep tersebut, produk Anda akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Potensi penjualan pun meningkat pesat

2. PROSPEK  

Jika anda mau menjual, anda harus punya prospek. Kepada siapa anda akan menawarkan hal yang ingin anda jual. Makin banyak prospek yang anda miliki, makin baik karena kemungkinan terjadinya penjualan akan semakin besar. Meski begitu, agar lebih  efektif,  anda harus pilah dan pilih prospek yang potensial. Pastikan mereka yang benar-benar berminat terhadap yang anda tawarkan.

3. NGOBROL. 

Ketika anda bertemu dengan prospek, jangan langsung todong untuk membeli produk anda. Tapi tujuan awal adalah agar anda saling mengenal lebih jauh. Dengan begitu anda juga bisa lebih jelas mengetahui apakah dia benar-benar prospek potensial untuk produk yang hendak anda tawarkan. Caranya bagaimana? ya dengan ngobrol.

Kalau ternyata dia bukan prospek potensial bagaimana?   Ya anda bisa simpan penawaran anda untuk produk A; tapi anda bisa prospek dia mungkin untuk produk B yang lebih cocok baginya. Dengan ngobrol itu selain anda tahu kebutuhan dan  minatnya,  anda  juga  bisa  ukur  kekuatan daya belinya. Jadi, tak buang waktu untuk memprospek.

4. FOKUS PADA BISNIS ANDA

Saat memprospek,  tugas anda adalah membantu prospek menemukan kebutuhan dan keinginannya. So, fokuskan usaha anda pada hal itu.

5. JANGAN SEPERTI SALES

Sekalipun   tugas   anda   menjual,   tapi  jangan bertingkah seperti kebanyakan sales. Tahu kan kenapa banyak orang bersegera menutup pintu rumah atau pintu pagar ketika ada orang  berlagak seperti sales menghampiri rumahnya? Ya, karena banyak orang yang tak suka dengan sales. Apalagi dengan tidak sedikitnya kelakuan sales yang terkadang menyebalkan atau merugikan, itu menambah buruK citra sales di mata masyarakat. So, tak perlu bersikap seperti para sales umumnya. Tapi bersikaplah seperti diri anda sendiri.

6. INGAT CLOSING

Jangan terlalu  keasyikan  memprospek  tapi kemudian lupa atau lambat meng-closing. Akibatnya bisa fatal. Prospek potensial yang sebetulnya sudah siap membeli dari anda, bisa jadi batal membeli dari anda.

7. JAGALAH LOYALITAS DENGAN PROSPEK

Selalu jaga hubungan dengan prospek anda. Karena pasti banyak teman banyak rejeki.

8. PERBANYAK RELASI

Ketika misalkan prospek anda tak berhasil untuk di- closing, anda bisa minta dia merekemondasikan orang yang mungkin  cocok untuk hal yang anda tawarkan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan prospek tambahan.

Itulah beberapa Tips Penjualan yang akan penting sampai kapanpun. Karena  dasar proses penjualan secara umum tak banyak berubah; yang berubah hanyalah metode atau cara untuk melakukannya.

Lakukanlah Tips Penjualan Sesuai Dengan Jenis Bisnis Yang Anda Tekuni

Sejumlah strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan omzet penjualan toko online. Dijamin, Anda akan kebanjiran pesanan. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by AVANA Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *