Pentingnya Manajemen Yang Tepat Dalam Mengelola Bisnis

Maret 5, 2020 5:43 pm Published by 1 Comment
Manjemen, mendengar kata itu memang sudah tidak asing lagi bukan?⁣ Yuk simak betapa Apa itu manajemen pentingnya manajemen untuk kemajuan bisnis Anda

Dilansir dari Forbes.com Hampir 90% dari bisnis pemula gagal total dalam lima tahun pertama memulai, yang hampir 90% gagal karena manajemen yang buruk. Manajemen selalu menjadi aspek inti dari setiap bisnis. Tetapi tidak seperti masa lalu, mengelola organisasi telah menjadi pekerjaan yang lebih sulit karena meningkatnya persaingan di lingkungan bisnis internal maupun eksternal. Manajemen yang baik dapat membawa keuntungan dan reputasi perusahaan, sedangkan manajemen yang buruk dapat membuat perusahaan keluar dari persaingan.

Mari Kita Ambil Contoh Dari Sebuah Manajemen:

Misalkan Bambang membuka sebuah restoran kecil. Menjual makanan berkualitas kepada pelanggan dan mendapatkan kesetiaan mereka adalah tujuannya tetapi itu bukan satu-satunya keberhasilan dalam bisnisnya.

Agar bisnisnya berjalan dengan lancar, dia perlu mengurus hal-hal seperti merencanakan menu, menjaga inventaris, memesan apa yang diperlukan, merencanakan anggaran, mempertahankan standar, menangani keluhan pelanggan, mempekerjakan dan melatih staf, dan banyak lagi.

Jika salah satu dari hal tersebut diabaikan bisnisnya akan mengalami goncangan.

Di situlah manajemen berperan. Bambang dan stafnya dapat berbagi tugas dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan restoran. Untuk menghindari kegagalan, mereka perlu bekerja secara terkoordinasi dan terencana. Ini memastikan bahwa tidak ada tugas yang diabaikan dan bisnis berjalan dengan lancar.

Apa Itu Manajemen Bisnis?

Manajemen adalah proses di mana seseorang merencanakan, mengatur, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan dan sumber daya organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya secara efektif dan efisien dalam lingkungan yang selalu berubah. Ini adalah proses mengawasi dan mengendalikan urusan bisnis organisasi.

Manajemen juga melibatkan pembentukan lingkungan bisnis untuk karyawan dan pengusaha sehingga mereka dapat bekerja bersama untuk mencapai tujuan organisasi dengan sukses dan kompeten. Ini memandu sekelompok orang untuk menggabungkan pekerjaan mereka secara terencana untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Paul Hawken,

Manajemen yang baik adalah seni membuat masalah begitu menarik dan solusi mereka sangat konstruktif sehingga semua orang ingin bekerja dan menanganinya.

Pentingnya Manajemen Bisnis

Pentingnya manajemen tidak pernah bisa diremehkan atau diabaikan karena ini adalah fakta yang terbukti bahwa keberhasilan perusahaan sepenuhnya tergantung pada seberapa baik dikelola. Inilah mengapa manajemen penting untuk bisnis apa pun:

1. Menyelaraskan Tujuan Manajemen Bisnis

Sebuah perusahaan terdiri dari pengusaha dan beberapa karyawan yang bekerja bersama. Setiap orang memiliki tujuan mereka sendiri. Manajemen memberi mereka arahan bersama untuk mencapai tujuan mereka bersama.

Tujuan perusahaan adalah memaksimalkan hasil dan keuntungan mereka. Tujuan seorang karyawan adalah mendapatkan yang terbaik dari perusahaan dalam hal gaji dan pengakuan. Manajemen membantu menyelaraskan kedua tujuan ini dengan menggunakan strategi motivasi karyawan yang efektif yang membuatnya memberikan yang terbaik untuk organisasi.

2. Penggunaan Sumber Daya Terbaik

Pemanfaatan sumber daya yang tepat sangat penting bagi organisasi yang beroperasi dalam lingkungan yang kompetitif. Manajemen membantu dalam pembagian kerja dan mencegah karyawan agar kinerjanya rendah atau terlalu terbebani dengan pekerjaan.

Setiap karyawan memiliki bidangnya sendiri di mana mereka keahlian. Melalui manajemen, karyawan diberikan pekerjaan yang terkait dengan bidang pengetahuan mereka. Ini meningkatkan kecepatan dan ketepatan kerja.Selain itu, manajemen juga membuat pekerjaan terstandarisasi untuk mengurangi pemborosan ketika menyangkut sumber daya lain.

Sebagai contoh:

Manajemen memastikan bahwa orang yang baik dalam penjualan diberikan pekerjaan di departemen penjualan saja dan tidak di departemen lain. Juga, ini memberinya pelatihan yang tepat untuk memastikan bahwa tidak banyak waktu tidak terbuang untuk membuatnya belajar.

3. Mengurangi Biaya

Manajemen membantu menggabungkan semua faktor produktivitas dan mengaturnya. Ini melibatkan pemanfaatan sumber daya terbaik yang mencegah pemborosan waktu dan upaya, yang akhirnya mengurangi pemborosan uang. Oleh karena itu manajemen memberikan ROI yang lebih baik.

Pengurangan biaya membantu dalam mendapatkan posisi yang baik di pasar dan membuat perusahaan terdepan dalam persaingan.

4. Meningkatkan Efisiensi

Tujuan utama perusahaan adalah untuk mendapatkan hasil yang paling efisien yaitu untuk mencapai laba maksimum dengan memaksimalkan output dan meminimalkan input. Manajemen melibatkan pemanfaatan sumber daya yang optimal dan membantu dalam pengurangan biaya. Kedua faktor ini secara konsekuen meningkatkan efisiensi perusahaan.

5. Bertahan Hidup Dalam Lingkungan Yang Dinamis

Sebuah perusahaan beroperasi dalam lingkungan yang dinamis di mana sejumlah faktor eksternal seperti politik, sosial, ekonomi dll mempengaruhi fungsinya. Ini membuatnya hampir wajib bagi perusahaan untuk menjadi fleksibel dan mengubah tujuan jangka pendek dan gaya kerjanya sesuai dengan lingkungan yang berubah.

Manajemen membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah agar tetap sukses.

Sebagai contoh:

Pemimpin makanan cepat saji, McDonald’s, harus membuat banyak perubahan dalam menunya untuk bertahan hidup di pasar India yang didominasi oleh vegetarian.

6. Bertahan Dalam Persaingan

Manajemen yang tepat selalu bertujuan berfungsi dengan baik dari organisasi dan mengurangi tingkat kegagalan. Dengan demikian, membantu mengatasi situasi sulit dan membuat organisasi unggul dari pesaing. Dalam lingkungan bisnis modern, seseorang dapat mengejar organisasi mereka di pasar besar melalui manajemen yang tepat.

7. Penting Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Manajemen yang baik tidak hanya mengurangi kesulitan tugas tetapi juga mencegah pemborosan sumber daya yang mahal dan jarang tersedia.

Manajemen membantu dalam menyediakan kualitas layanan dan produk yang meningkatkan standar hidup. Ini juga mengarah pada lebih banyak keuntungan organisasi dan dengan demikian memberikan upah yang adil dan menghasilkan lebih banyak kesempatan kerja.

Contoh Kegagalan Bisnis Karena Manajemen Tidak Efektif

Kegagalan Manajemen Bisnis Enron

Enron , pada awal tahun 2001, memperoleh pendapatan $ 100 miliar dan memiliki 29.000 karyawan. Tetapi perusahaan itu bangkrut pada 2 Desember 2001. Saham Enron bernilai $ 90,75 selama masa puncaknya tetapi diperdagangkan pada $ 0,26 ketika perusahaan menyatakan bangkrut pada 2 Desember 2001.

Mengapa?

Karena eksekutif Enron menggunakan celah akuntansi dan laporan palsu untuk menyembunyikan utang miliaran dolar karena kegagalan proyek dan kesepakatan. Mereka menyesatkan seluruh perusahaan dan memaksa auditor untuk menghapus dan menyembunyikan bukti dari direksi.

Karena manajemen yang buruk, para pemimpin gagal mengenali semua celah ini dan perusahaan akhirnya bangkrut.

Kegagalan Manajemen Bisnis Compaq

Compaq adalah pemasok sistem PC terbesar dan merupakan salah satu perusahaan paling sukses di tahun 80-an dan 90-an.

Pada 1991 Eckhard Pfeiffer menjadi CEO dan berencana untuk memperluas bisnis dan fokus menjauh dari audiens dan pasar. Compaq mengakuisisi bisnis jasa, Digital Equipment Corporation, senilai $ 9,6 miliar 1998. Masalahnya di sini adalah bahwa meskipun merger terlihat bagus di luar, manajemen tidak menganggap bahwa DEC mengembangkan banyak produk yang tidak berguna bagi Compaq dan akan telah menambah beban ekstra bagi perusahaan.

Walaupun perusahaan tersebut berhasil mendivestasi beberapa bagian DEC dan investasi nirlaba lainnya seperti Altavista, perusahaan tersebut kekurangan arahan dan kejujuran. Para eksekutif puncak termasuk CFO Earl Mason dan CEO Eckhard Pfeiffer menjadi bagian dari beberapa skandal dan dipaksa untuk berhenti. Akibatnya, perusahaan tersebut kalah dari Dell terlebih dahulu dan kemudian oleh pesaing lainnya.harga saham compaq

Dengan demikian, karena manajemen CEO yang buruk, perusahaan digulingkan pada tahun 1998 dan dibeli oleh Hewlett-Packard pada tahun 2002.

Intinya?

Untuk menyimpulkan, manajemen penting untuk setiap bisnis karena dapat membuat atau menghancurkannya. Manajemen yang baik dapat memberikan dorongan pada bisnis dan memimpin dalam persaingan. Jadi, menutup mata untuk itu bukanlah suatu pilihan.

Keterampilan manajemen diperlukan di setiap industri dan setiap lapisan kehidupan. Jadi, sangat penting untuk mengetahui peran apa yang dimainkan manajemen dan seberapa besar dampaknya terhadap bisnis. Salam Bisnis! Yuk Kunjungi Website AVANA di https://avana.id/

Tags: , , , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by AVANA Indonesia

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *