Jangan Lengah! 5 Tips Agar Bisnis Anda Dapat Bertahan

February 27, 2020 4:43 pm Published by 8 Comments
Bisnis tentu memiliki resiko yang sangat besar bahkan hingga gulung tikar. Untuk menghindari resiko bisnis yang gulung tikar, Yuk simak tips AVANA berikut.

Hello Kolega AVANA, jika bicara tentang Entrepreneur atau jiwa berwirausaha pasti tidak akan lepas dari pemikiran akan kebebasan. Menurut Forbes, hampir 543.000 bisnis baru dimulai setiap bulan. Memulai usaha Anda sendiri dapat menjadi salah satu usaha paling menarik dan sangat menantang. Ketika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri, Anda memiliki kemampuan untuk kebebasan menjadi bos dan mengatur bisnis Anda sendiri dan fleksibilitas untuk menjadwalkan lebih banyak waktu keluarga. Dengan semua fasilitas ini memang ada sejumlah risiko.

Namun dinyatakan bahwa 50% kemungkinan dari usaha baru bahkan gulung tikar pada 5 tahun pertama. Ini adalah fakta yang memang terjadi di lapangan, tetapi jangan biarkan mindset itu menghalangi atau menghentikan Anda untuk meraih kesuksesan, jutru gunakan statement untuk memotivasi Anda agar tidak membiarkan bisnis Anda gagal.

Bertahan dalam dunia bisnis tidak sesulit yang Anda pikirkan. Menurut Biro Tenaga Kerja AS. Sebanyak 75% pebisnis pemula mampu bertahan di tahun pertama. Tentu saja selain kerja keras, tekad yang kuat dan kecerdikan dalam mencari peluang,  Keuangan memainkan peran besar dalam kesuksesan bisnis, tentu saja, jika dapat di manaje dengan baik.

Untuk berhasil dalam bisnis saat ini, Anda harus fleksibel dan memiliki keterampilan perencanaan dan organisasi yang baik. Banyak orang memulai bisnis dengan berpikir bahwa mereka dapat dengan mudah menghasilkan uang. Namun jika dilihat banyak orang yang memiliki kesulitan dalam bisnis dan dapat menepis mindset itu hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka pikirkan.

Maka dari itu AVANA akan membahas tips cara bertahan di dalam bisnis agar bisnis Anda tidak ikut gulung tikar yaa:

Bisnis Sukses Membutuhkan Waktu Bertahan

Sadarilah bahwa kesuksesan tidak selalu langsung datang dan bahkan kita seperti apa bentuknya.Sementara tahap awal dalam merintis bisis tentus saja memiliki arus keuangan yang luar biasa di tahun pertama dan kedua, beberapa pebisnis mungkin akan  dihadapkan dengan masalah likuiditas yang macet di tahun ketiga karena kurang fokus dalam mengambil penugasan baru dan lebih pada menumbuhkan penawaran bisnis dan diversifikasi basis klien.

Selain itu tidak ada salahnya juga menciptakan beberapa konten pendidikan gratis untuk para pemimpin bisnis, misalnya dengan training atau workshop seputar digital marketing. Sementara tujuan dari usaha apa pun adalah untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin, untuk melakukannya, sangat penting untuk berhenti sesekali untuk membentuk kembali mindset Anda yang akan Anda gunakan dengan tujuan mencapai kemenangan yang lebih besar dan lebih signifikan dalam jangka panjang.

Ikuti Tren Media Sosial  dan Berinovasi

Penggunaan media sosial untuk memasarkan produk tentu saja sangat pesat perkembangannya. Mencapai target di dunia digital saat ini tentu saja sering berkutat pada konten video terutama streaming langsung yang lebih menekankan pada interaksi antara pebisnis dengan pelanggan.

Streaming langsung sekarang ditemukan di platform media sosial seperti Twitter, Facebook, YouTube, Snapchat, dan Tumblr. Diperkirakan streaming Facebook ditonton tiga kali lebih lama dari konten video standar, dan bahwa 80% traffic media sosial global akan terkait dengan konten video pada tahun 2020. Menariknya, ada juga peningkatan serupa dalam konten video interaksional mengikuti tren yang lebih realitas.

Sementara AR adalah strategi pemasaran yang mahal dan bisa dibilang belum cukup berkembang untuk dapat diimplementasikan dengan sukses. AR adalah cara baru yang menarik dan menyenangkan untuk menjangkau audiens Anda yang masih baru bagi sebagian besar pengguna. Di tahun pertama Anda, menjaga bisnis baru Anda tetap kompetitif dan sukses  membawa konten video ke dalam strategi pemasaran Anda untuk menjangkau audiens Anda.

Tetap Bertahan Dengan Mental Yang Kuat

Karena atmosfer bisnis berangsur-angsur membaik, ada sedikit peningkatan dalam pinjaman bisnis  tetapi masih sulit. Itu terutama berlaku untuk perusahaan teknologi di mana, setelah melakukan produksi skala besar, investasi mengalami penurunan tajam dalam beberapa tahun terakhir.

Disinilah mental Anda tengah di uji, tidak semua pengusaha atau seorang entrepreneur memiliki jiwa dan mental yang kuat banyak diantaranya yang mulai down ketika mengalami suatu kendala, mental yang kuat adalah kunci sukses dari seorang pebisnis atau seorang entrepreneur banyak hal yang bisa dilakukan selain memberikan motivasi lewat postingan-potingan Anda tetapi juga membantu untuk mempromosikan produk yang lebih kuat dengan membangun basis pelanggan ketika produk siap.

Bangun Koneksi Seluas Luasnya

Cara mempertahankan bisnis adalah tentang koneksi. Koneksi atau jaringan akan sangat dibutuhkan oleh seorang pebisnis atau pengusaha. Hal ini akan sangat berperan dalam bidang pemasaran dan juga promosi usaha Anda. Semakin banyak koneksi yang dimiliki maka peluang promosi yang Anda dapatkan juga akan semakin besar.

Bisnis Up To Date Dengan Berbagai Payment

Penggunaan opsi pembayaran baru, seperti Google Wallet atau CirclePay , dan cryptocurrency, seperti Bitcoin, ditetapkan untuk terus meningkat, sehingga mengikuti tren ini sangat penting untuk meraih pelanggan baru dan mempertahankan yang lama. Pada 2015, ada lebih dari 100.000 bisnis (termasuk yang seperti Amazon) yang menerima cryptocurrency, dan diperkirakan ini akan terus berlanjut karena semakin banyak metode alternatif menjadi populer.

Tetap mengikuti perkembangan tren ini bukan hanya tentang memastikan bahwa usaha Anda dapat menerima ini sebagai alat pembayaran. Ini juga tentang tetap aman. Metode keamanan baru terus muncul, dan tetap up to date akan sangat penting dalam menjaga bisnis Anda aman.

Sama sekali tidak menangani lingkungan bisnis di tahun pertama Anda hanya mengambil tips ini. Namun, kesimpulannya adalah pada tahun pertama, seperti tahun-tahun berikutnya, memulai usaha baru adalah bersiap-siap agar sesuai dengan pasar yang Anda masuki. Mendedikasikan waktu untuk meneliti dan merencanakan akan meletakkan fondasi yang stabil untuk pertumbuhan usaha Anda.

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Dengarkan diri Anda, kolega Anda, karyawan Anda, klien Anda dan pasar untuk mendapatkan penilaian yang jujur ​​tentang diri Anda dan keberlangsungan bisnis Anda, sehingga Anda dapat dengan cermat dan strategis mengkalibrasi ulang bagi bisnis Anda.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by AVANA Indonesia

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *