Dengan 5 Trik Ini Anda Akan Terhindar Dari Penipuan Bisnis Aplikasi!

Februari 20, 2020 6:38 pm Published by 1 Comment
Hanya dengan bermodalkan internet, kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan dengan mudah. Apakah semua hal tidak ada hubungannya dengan Penipuan Bisnis?

Jual beli online di zaman digital ini boleh dikatakan sudah menjadi tren bagi semua masyarakat. suatu bentuk yg wajar jika belanja onlline sekarang sangat simpel karena tidak perlu repot wara wiri cari barang. Apabila kita ingin membeli sebuah barang, maka kita cukup mencarinya secara online lalu memesannya tapi tetap takut akan Penipuan Bisnis. Sangat mudah dan praktis, apalagi kini tarif internet sudah semakin murah dan sudah bukan lagi menjadi hal yang mewah.

Meskipun jual beli online sudah banyak membawa dampak yang positif namun ternyata dibalik itu ada dampak negatif yang perlu Anda waspadai. Hal yang dimaksud adalah meningkatnya angka penipuan secara online dengan berbagai macam modus. Maraknya penipuan ini tak boleh kita pandang sebelah mata mengingat sudah banyak korban yang berjatuhan dengan angka kerugian mencapai puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Penipuan terjadi ketika seseorang dengan sengaja melakukan penipuan untuk mendapatkan sesuatu secara tidak sah atau tidak adil. Di sebagian besar negara, tindakan penipuan dapat digolongkan sebagai salah satu perdata atau pidana. Sementara penipuan paling sering dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari nilai, kadang-kadang terjadi semata-mata dengan tujuan menipu orang atau entitas lain. Misalnya, jika seseorang membuat pernyataan palsu, itu dapat dianggap penipuan, tergantung pada situasinya. Untuk menjelajahi konsep ini, pertimbangkan definisi penipuan berikut.

Di tengah zaman yang sudah canggih tidak sedikitnya banyak oknum yang membuat aplikasi untuk menipu para korban yang tergiur oleh canggihnya sebuah aplikasi, aplikasi yang menjerat para korban memiliki banyak jenis, dimulai dari aplikasi peminjaman uang, aplikasi jual beli atau marketplace yang tentu sangat merugikan dan meresahkan masyarakat.

Dengan sumber daya yang terbatas dan dalam kondisi ekonomi yang sulit penipuan ini bisa menjerat siapapun tidka terkecuali usaha kecil dan menengah (UKM) cenderung lebih memikirkan inovasi, pertumbuhan, dan kelangsungan hidup daripada uji tuntas, kontrol internet, dan manajemen risiko. Ini seringkali tampak mahal, kerja keras dan melibatkan banyak dokumen.

Tetapi pendekatan ini membuat UKM  khususnya rentan terhadap penipuan tidak terkecuali penipuan apliaksi. dengan banyak pemilik dan manajer tidak menyadari risiko yang dihadapi bisnis mereka.

Sejak awal, penipuan bisa tampak rumit dan sulit dipahami, karena penjahat menggunakan berbagai alat dan Teknik yang canggih.

Jenis-Jenis Penipuan Yang Sering di Temui

Penipuan Bisnis Aktiva

Aset Anda dapat dikompromikan/dijual dengan metode berikut:

  • Penipuan dengan memalsukan tanda tangan
  • Pencurian uang tunai
  • Pencurian produk, inventaris atau layanan
  • Kecurangan kompensasi

Penipuan Bisnis Penggajian dan Akuntansi

Jenis penipuan ini biasanya melibatkan metode ini:

  • Penggelapan
  • Membeli untuk penggunaan pribadi
  • Pemasok palsu

Penipuan Bisnis Data

Berikut beberapa jenis penipuan yang terkait dengan data:

  • Pencurian rahasia dagang dan bisnis
  • Memperoleh rahasia dagang dan menjualnya ke pesaing.
  • Akses dan pencurian ke data sensitif dan / atau Informasi Identifikasi Pribadi (PID)
  • Ketika seorang karyawan mencuri atau membagikan nomor kartu kredit, informasi klien atau PID lainnya dan menjualnya kepada pihak ketiga.

Penipuan Bisnis Suap dan Korupsi

Jenis penipuan ini dapat disebabkan oleh metode ini:

  • Suap dan sogokan
  • Substitusi produk

Jadi Bagaimana Anda Dapat Menghindari Penipuan Belanja Online Dan Apa Saja Cara Anda Membeli Sesuatu Yang Aman Secara Online?

Singkatnya, untuk menghindari penipuan belanja online, Anda harus selangkah lebih maju dari scammer dengan menyadari penipuan belanja online dan mengikuti praktik terbaik seperti:

Salah satu cara paling umum untuk menipu orang online adalah situs web Penipuan . Situs web ini terlihat seperti situs yang sah . Terkadang, bahkan menggunakan logo, desain, dan gambar yang dicuri dari situs yang sah.

Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Situs Web Atau Aplikasi Itu Penipuan atau Palsu?

Situs web penipuan atau bahkan aplikasi penipuan memiliki desain & tata letak yang mencurigakan, memiliki URL yang panjang dan salah eja , tidak memiliki konten berkualitas baik, dan memiliki kesalahan tata Bahasa karena pagi developer aplikasi yang nyata tentu saja akan menyajikan sesuatu yang berkualitas karena tentu saja akan berdampak pada user experience.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk bisa mencegah Anda dari penipuan baik bisnis apliaksi maupun situs online:

Cari Tentang Situs Atau Bisnis Tertentu

Selalu mencari situs sebelum membeli sesuatu atau bahkan akan begabung dengan bisnis tertentu, terutama jika situs tersebut adalah situs web baru, tidak dikenal, dan kurang tepercaya. Bertanyalah kepada teman-teman apakah mereka telah membeli sesuatu dan pengalaman berbelanja mereka dengan situs itu atau Anda bisa mencari tahu di internet.

Periksa Ulasan

Untuk belanja online yang aman dari situs manapun bahkan bergabung dengan bisnis apapun, Anda harus selalu memeriksa ulasan pelanggan baik di playstore, Appstore maupun di internet.

Apa Yang Harus Diperiksa Dalam Ulasan Pelanggan Untuk Membeli Sesuatu Secara Online?

Anda harus memeriksa apakah pelanggan mengeluh tentang hal-hal berikut dalam ulasan mereka:

  • Layanan pelanggan yang buruk dan  kualitas produk
  • Lihat keluhan terkait dengan pertukaran pengiriman produk, pengembalian uang, atau tidak ada pengembalian uang .
  • Mekanisme bisnis sebelum bahkan setelah bergabung
  • Periksa apakah pelanggan membayar biaya tambahan dalam pengiriman atau pengembalian produk

Enkripsi SSL dan Simbol Gembok

SSL  ( Secure Sockets Layer ) adalah keamanan standar teknologi untuk membuat tautan terenkripsi antara server web dan browser.

Singkatnya, enkripsi SSL memastikan data yang melewati antara server web dan browser tetap pribadi dan tidak terpisahkan. Untuk mengaktifkan penggunaan situs web otentikasi SSL, sertifikat SSL disediakan oleh otoritas Sertifikat.

Selalu Pilih Metode Pembayaran Yang Aman Jika Perlu Bertatap Muka Langsung

Jika mencari cara pembayaran online yang paling aman, dan jawaban yang tepat adalah menggunakan kartu kredit. Kartu kredit hadir dengan perlindungan penipuan & mekanisme keamanan yang lebih baik, pembalikan biaya yang simpel, dan terkadang dengan kewajiban penipuan terbatas jika diinformasikan tepat waktu.

Gunakan kartu kredit fisik, akun PayPal, dan opsi lain hanya di situs belanja terkenal dan tepercaya.

Jika anda akan mengikuti atau menggeluti suatu bisnis maka yang anda perlukan adalah bertatap muka langsung, hal ini tentu akan meminimalisir resiko penipuan, namun jangan langsung percaya dengan berbagai iming-iming yang ditawarkan, tetaplah berfikir rasional

Hindari Mengirimkan Uang Ke Situs/Aplikasi Judi, Kupon Atau Bisnis Lainnya Tanpa Asal Usul Yang Jelas

Situs web kupon palsu bahkan di aplikasi penipuan dapat menipu Anda dengan mengarahkan Anda ke situs lain dengan virus, malware, dan ransomware.

Situs web atau aplikasi ini ini dapat memungkinkan spammer untuk mengumpulkan perincian pribadi dan keuangan Anda dengan membuat Anda mengklik tautan yang tidak dikenal. Anda harus menghindari mengklik tautan kupon di situs kupon lebih baik langsung pergi ke situs penjual asli dan menerapkannya.

Mengetahui ciri-ciri ditambah memanfaatkan situs ini besar peluangnya untuk jauh dari penipuan. Jadilah smart buyer mulai dari sekarang!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by AVANA Indonesia

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *