20+ ide bisnis di bulan ramadhan 2021

March 19, 2021 1:23 pm Published by Leave your thoughts
ide bisnis di bulan ramadhan 2021

Ramadhan diperkirakan akan dimulai dari tanggal 12 April hingga 12 Mei nanti. Di momen Ramadhan ini, Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan bisa coba memulai bisnis-bisnis yang memang dicari banyak orang ketika bulan Ramadhan. Simak 20 ide bisnis di bulan Ramadhan 2021 ini.

Oh iya sebelumnya, jika Anda ingin memiliki website toko online sendiri agar bisa terlihat lebih terpercaya dan tidak perlu banting-bantingan harga dengan jutaan kompetitor di marketplace, maka Anda bisa membuat website toko online Anda secara GRATIS di AVANA. Hanya butuh waktu 5 menit saja!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online Gratis”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Busana Muslim

ide bisnis di bulan ramadhan 2021

Salah satu ide kreatif di bulan Ramadhan adalah menjual hijab dengan bahan voile polos serta memiliki warna relatif lembut seperti warna buah persik dan biru muda. Hijab dengan motif demikian menjadi minat masyarakat untuk dikenakan ketika Bulan Ramadhan. Beberapa jenis busana muslim yang dicari oleh masyarakat ketika bulan Ramadhan adalah Gamis, Kaftan, Tunik, baju koko, kopiah, ciput hingga kerudung.

Ide bisnis di bulan ramadhan 2021 : Perlengkapan Ibadah

ide jualan bulan puasa

Ide jualan bulan puasa yang juga dicari banyak orang adalah perlengkapan ibadah. Anda bisa coba menjual beragam perlengkapan ibadah mulai dari tasbih, sajadah, mukena, dan lainnya. Untuk meningkatkan penjualan, Anda juga bisa menerapkan teknik cross-selling yaitu dengan menjual paket perlengkapan ibadah yang terdiri dari beragam perlengkapan ibadah dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dijual secara satuan.

Kue Kering Berkah

ide kreatif di bulan ramadhan

Salah satu tradisi masyarakat adalah silaturahmi ketika lebaran tiba. Tentunya dengan adanya pandemi tindakan ini harus dibatasi. Namun, kue kering tetap menjadi salah satu ide usaha rumahan di bulan ramadhan terbaik. Selain modalnya tidak terlalu besar, Anda juga bisa menyalurkan hobi membuat kue Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Beberapa jenis kue kering yang menjadi favorit masyarakat adalah kue sagu, nastar, kastengel, putri salju, kacang tanah, lidah kucing, dan banyak lagi.

Jika Anda benar-benar ahli membuat kue, Anda juga bisa menciptakan resep Anda sendiri untuk dijual kepada tetangga atau bahkan lebih banyak orang lagi.

Parsel Lebaran

usaha rumahan di bulan ramadhan

Mengirimkan parsel kepada teman, orang terdekat atau rekan bisnis telah menjadi salah satu budaya Lebaran yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Enaknya lagi, Anda tidak perlu memiliki keahlian apapun karena Anda tinggal menyatukan beberapa kue atau snack yang telah tersedia dan membungkusnya dengan cantik.

Untuk Anda yang memiliki kemampuan dan waktu terbatas, menjual parsel lebaran bisa menjadi bentuk usaha rumahan di bulan ramadhan yang menarik.

Baca juga : Cara Membuat Parcel Lebaran Murah Meriah (Hadiah/Dijual)

Asisten Rumah Tangga

jualan untuk bulan puasa

Di masa pandemi ini, orang-orang pastinya akan menghabiskan momen Ramadhan dan Lebaran di rumah. Yang sering menjadi masalah adalah karena justru banyak asisten rumah tangga yang izin pulang kampung ketika Lebaran tiba. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menyediakan jasa asisten rumah tangga khusus ketika bulan-bulan Ramadhan.

Untuk penerapannya, Anda mungkin bisa menyediakan jasa bersih-bersih atau baby sitter per jam yang hanya dipanggil ketika pelanggan membutuhkannya.

Aneka Takjil

usaha musiman di bulan puasa

Berbuka puasa, rasanya tidak lengkap tanpa takjil bukan? Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk berjualan takjil karena tidak semua orang bisa dan punya waktu untuk membuat takjil sendiri. Karena mulai jarang orang yang keluar rumah seperti sebelum masa pandemi, Anda bisa menjual takjil secara online melalui media sosial maupun grup whatsapp.

Untuk mencegah kerugian, gunakan sistem pre-order satu hari sebelumnya. Orang yang ingin membeli takjil bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu agar Anda bisa memperkirakan takjil yang akan Anda buat pada hari itu.

Beberapa jenis takjil yang bisa Anda coba buat adalah : es pisang ijo, singkong kuah karamel, kolak biji salak pisang, es semangka, pudding cake cendol, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 15 Ide Jualan Takjil Bulan Puasa 2021, Pasti Untung!

Buah-Buahan Segar

ide bisnis di bulan ramadhan 2021

Untuk membuat takjil, pastinya dibutuhkan buah-buahan segar seperti pisang, biji salak, labu, semangka, durian, alpukat, dan sebagainya. Karena cukup sulit untuk pergi ke supermarket di tengah situasi ini, Anda bisa coba menjual buah-buahan segar untuk wilayah tertentu di dekat rumah Anda.

Kurma

Memakan buah kurma merupakan salah satu sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Alasannya adalah karena kurma bernutrisi tinggi, kaya akan serat, dan memberikan berbagai manfaat kesehatan lain.

Menjual kurma bisa menjadi salah satu ide bisnis di bulan ramadhan 2021, baik itu dijual dalam bentuk buahnya saja maupun diolah lebih lanjut untuk menambah nilai jual dalam bentuk brownies kurma, puding kurma, bolu kurma, dan masih banyak lagi.

Katering Lengkap

ide jualan bulan puasa

Untuk Anda yang memiliki keahlian memasak makanan rumahan, Anda juga bisa coba membuat usaha katering yang melayani kebutuhan buka puasa maupun ifthar. Berikan menu katering yang beragam agar pembeli tidak bosan.

Anda bisa menarget anak muda atau mereka yang tinggal di kos karena jarang dari mereka yang akan memasak makanan sendiri di rumah.

Minuman Segar

ide kreatif di bulan ramadhan

Selain itu, minuman segar juga bisa jadi ide jualan bulan puasa yang dicari banyak orang ketika berbuka. Anda bisa memilih untuk menjual minuman segar di daerah yang memiliki cuaca relatif panas atau di dekat pabrik yang mana karyawannya bekerja di luar ruangan. Beberapa jenis minuman segar yang bisa Anda coba jual adalah es latte cincau, es campur jelly, lychee yakult, es sarang burung, dan masih banyak lagi.

Minuman Herbal

usaha rumahan di bulan ramadhan

Dengan adanya pandemi, banyak orang yang mulai beralih ke minuman herbal ketika berbuka puasa dengan tujuan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama dari serangan COVID-19. Beberapa contoh minuman herbal yang bisa Anda coba jual adalah bandrek, wedang jahe, wedang bidara, herbal tea, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuat resep Anda sendiri, loh!

Jasa Ekspedisi

jualan untuk bulan puasa

Di bulan Ramadhan, akan mulai banyak orang yang memesan dan mengirim barang secara online. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka jasa ekspedisi. Mulai dari lingkup yang kecil dulu untuk awalnya, baru kemudian menjangkau daerah yang lebih luas lagi.

Jasa Laundry

usaha musiman di bulan puasa

Menjalankan puasa, mereka yang bekerja di kota yang serba cepat seperti Jakarta kemungkinan akan beralih ke jasa laundry untuk menghemat tenaga dan bisa berfokus pada pekerjaan mereka saja. Untungnya, jasa laundry bisa dilakukan secara mudah hanya cukup bermodalkan mesin cuci, alat setrika, dan satu orang karyawan untuk membantu Anda.

Cuci dan Servis Kendaraan Bermotor

 ide bisnis di bulan ramadhan 2021

Ramadhan mengharuskan umat Muslim untuk berpuasa hingga setengah hari. Untuk menghemat tenaga, tentunya akan banyak orang yang menyerahkan tugas-tugas yang memakan tenaga seperti mencuci kendaraan bermotor kepada pihak ketiga. Membuka jasa cuci dan servis kendaraan bermotor bisa menjadi ide kreatif di bulan ramadhan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jualan Online : Pakaian

ide jualan bulan puasa

Sejak adanya pandemi, sudah terlihat bagaimana terjadi peningkatan jumlah transaksi online di media sosial maupun marketplace. Diantara semua produk, pakaian masih jadi salah satu jenis produk yang dicari banyak orang. Jenisnya yang berbeda-beda membuat Anda tidak perlu takut bersaing dengan brand-brand besar pula. Pastikan saja Anda menyasar target pasar yang tepat dengan desain baju yang menarik pula.

Baca juga : Cara Membangun Bisnis Pakaian dari Nol

Jualan Online : Kosmetik

ide kreatif di bulan ramadhan

Selain baju, berjualan online kosmetik dan produk kecantikan juga bisa menjadi ide kreatif di bulan Ramadhan nih. Data dari Kementrian Perindustrian bahkan mengungkapkan bagaimana transaksi penjualan online di masa pandemi meningkat hingga 80%-nya.

Jualan Online : Handphone + Aksesoris Handphone

usaha rumahan di bulan ramadhan

Selain itu, produk Handphone dan Aksesoris Handphone memang selalu laku secara online. Namun penjualannya akan meningkat drastis di masa Ramadhan. Hal ini karena banyak karyawan yang akan memperoleh THR dan tentunya akan banyak yang menggunakan uang tersebut untuk membeli gadget baru.

Baca juga : Tips Bisnis di Bulan Puasa 2021

Hand Sanitizer

jualan untuk bulan puasa

Bulan Ramadhan tiba ditambah situasi pandemi membuat produk-produk kesehatan yang berkaitan dengan COVID-19 seperti Hand Sanitizer banyak dicari masyarakat. Terlebih lagi ketika banyak orang yang masih tetap berkumpul bersama keluarga atau mengunjungi restoran sambil tetap menjaga protokol kesehatan.

Masker

usaha musiman di bulan puasa

Selain Hand Sanitizer, Masker juga menjadi salah satu produk kesehatan yang diicari masyarakat ketika bulan Ramadhan tiba. Menjual produk-produk tersebut bisa menjadi ide bisnis di bulan ramadhan 2021 yang dijamin bikin Anda untung besar.

Kembang Api

ide jualan bulan puasa

Anda sendiri pasti menyadari bagaimana banyak orang terutama anak-anak yang bermain kembang api ketika Ramadhan tiba. Mengejutkannya, harga kembang api bahkan bisa meningkat hingga 2 kali lipatnya ketika masa-masa ini. Jelas saja berjualan kembang api menjadi salah satu ide jualan bulan puasa yang menggiurkan. Namun, siap-siap Anda harus bersaing dengan toko-toko kecil yang menjual kembang api eceran.

Ide bisnis di bulan ramadhan 2021 : Stok Foto Berbayar

 ide bisnis di bulan ramadhan 2021

Untuk Anda yang memiliki hobi mengambil foto, Anda juga bisa mencoba ide kreatif di bulan ramadhan yang satu ini. Baik menggunakan photoshop maupun mengambil foto langsung, Anda bisa menjual berbagai stok foto berbayar yang bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan stok foto untuk menjalankan kampanye Ramadhan mereka.

Jasa Marketing Campaign Ramadhan

ide kreatif di bulan ramadhan

Bukan hanya Anda yang berpikir untuk memanfaatkan momen Ramadhan untuk mencari penghasilan tambahan. Tiap tahunnya, perusahaan-perusahaan besar juga mengadakan campaign marketing khusus Ramadhan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan mereka.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan marketing, desain, dan sejenisnya, cobalah untuk menawarkan jasa menjalankan campaign marketing pada perusahaan-perusahaan besar.

Baca juga : Tips Jalankan Kampanye “Terapik” Di Ramadhan 2021

Youtuber

usaha rumahan di bulan ramadhan

Data terbaru dari Google menunjukan bahwa 93 juta warga Indonesia mengabiskan waktu dengan menonton Youtube ketika Ramadhan dan pandemi. Menunggu jam berbuka, banyak orang yang mencari hiburan. Dengan berkembangnya internet dan konten-konten menarik, jelas Youtube yang menyediakan berbagai konten video menarik akan menjadi pilihan hiburan.

Jika Anda memiliki kemampuan membuat konten dan video atau mengenal orang yang bisa membantu Anda membuatnya, Youtuber bisa menjadi ide bisnis di bulan ramadhan 2021 yang sangat menguntungkan.

Blogger

ide bisnis di bulan ramadhan 2021

Selain konten Youtube, nge-blog bisa jadi salah satu ide bisnis di Bulan Ramadhan 2021. Anda bisa membuat konten yang kira-kira banyak dicari masyarakat di bulan Ramadhan misalnya resep buka puasa dan ifthar, kumpulan hadist, daftar tempat berdonasi, dan lainnya. Gunakan Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci yang tepat.

Itu dia beberapa ide bisnis di bulan ramadhan 2021. Bagaimana, sudah siap mendapatkan penghasilan tambahan? Mulai persiapkan bisnis Anda sekarang juga sebelum Ramadhan tiba.

Ada pertanyaan mengenai AVANA atau fitur-fitur kami lainnya? Klik tombol info lebih lanjut di bawah ini.

AVANA sudah tersedia di aplikasi Android dan iOS. Sekarang, Anda bisa mengelola toko online dari mana saja.

Tags: , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *