15 Ide Jualan Takjil Bulan Puasa 2021, Pasti Untung!

March 30, 2021 11:55 am Published by Leave your thoughts
ide jualan takjil bulan puasa

Menyambut Ramadhan, salah satu hal yang kamu bisa lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan berjualan takjil bulan puasa. Simak 15 ide jualan takjil bulan puasa dan cara jitu mendapatkan banyak untung dari bisnis takjil di bulan ramadhan!

Peluang Usaha Takjil di Bulan Ramadhan?

Secara harafiah, takjil artinya menyegerakan. Dalam konteks Ramadhan berarti “Menyegerakan untuk berbuka puasa.” Namun seiring perkembangan zaman, takjil dikorelasikan dengan hidangan berbuka puasa berupa makanan atau minuman yang disantap sebelum menu utama.

Takjil sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan. Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, masyarakat berbondong-bondong untuk menikmati takjil bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Buat takjil itu nggak gampang, apalagi setelah seharian berpuasa, pastinya orang-orang lebih memilih untuk membeli takjil “jadian” yang bisa langsung dikonsumsi.

Karena itulah peluang usaha takjil di Bulan Ramadhan sangatlah besar! Karena tingginya permintaan dan peminat, Anda juga tidak perlu takut dagangan Anda tidak laku.

Terlebih jika Anda bisa “meramu” takjil yang lezat dengan harga terjangkau, bisnis takjil Anda bisa Anda jalankan untuk jangka panjang tiap tahunnya!

Baca juga : 5 Strategi Pemasaran Di Bulan Ramadhan 2021

Ide atau Menu Jualan Takjil Bulan Puasa

Bagi Anda yang bingung jenis takjil apa yang sekiranya banyak dicari oleh masyarakat ketika Bulan Ramadhan, simak beberapa rekomendasi menu jualan takjil bulan puasa dari AVANA Indonesia ini!

Puding Buah

ide jualan takjil bulan puasa 2021

Bentuknya yang unik dan berwarna-warni membuat puding buah menjadi salah satu ide jualan takjil di bulan puasa yang digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Jenis puding buah pun ada bermacam-macam mulai dari puding anggur, puding jeruk markisa, puding alpukat cokelat hingga puding buah kombinasi. Tergantung pada bahan yang Anda punya, Anda bahkan bisa mengkreasikan puding buah Anda sendiri.

Untuk resep puding buah pun tergantung pada buah yang Anda gunakan namun secara umum bahan-bahannya adalah buah, agar-agar, kuning telur, vanili, air putih, gula pasir dan mentega.

Olahan Kurma

resel olahan kurma untuk jualan Ramadhan

Kurma sebagai salah satu menu makanan yang dianjurkan oleh Rasulallah SAW (sunnah) bukan hanya sehat namun juga lezat.

Anda pun bisa mengkreasikan kurma menjadi berbagai ide jualan takjil kekinian seperti pai susu kurma, brownies kurma, bolu kurma hingga variasi kue dengan topping kurma yang lezat.

Gorengan

bisnis takjil di bulan ramadhan

Buat Anda yang ingin membuka usaha takjil di bulan ramadhan tapi tidak punya keahlian memasak atau resep andalan, bisa coba menjual gorengan nih.

Mulai dari bakwan, ubi goreng, tahu isi, tempe goreng, dan lainnya, Anda hanya tinggal mencampur tepung beras, garam, lada, dan air lalu membalurnya pada bahan gorengan Anda.

Jejongkong

resep jualan takjil enak di Bulan Ramadhan

Jejengkong berasal dari Sumatera dan merupakan salah satu takjil yang banyak dijual orang-orang ketika bulan Ramadhan.

Sejatinya, menu jualan takjil kekinian yang satu ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji dan tepung sagu dan dipadu jadi sajian yang empuk dan enak.

Baca juga : Dijamin Laris, 17+ Ide Jualan Makanan Bulan Puasa 2021

Degan Bakar

cara buat degan bakar

Bayangin gimana rasanya kelapa dibakar? Yap, namanya degan bakar. Cara buatnya pun simpel, cukup membakar kelapa muda selama setidaknya 2 jam.

Selain itu, ada juga yang menambah paduan rempah-rempah seperti jahe, akar alang-alang, kayu manis, serai hingga madu.

Tujuannya jelas adalah untuk menambah daya tahan tubuh dan membuat pelanggan yang meminumnya terhindar dari virus dan penyakit. Rasanya pun juga tidak kalah enaknya, pastinya!

Kicak

jualan takjil kekinian

Dari Semarang, ada ide jualan takjil bulan puasa khas Yogyakarta, pusat dari kuliner. Namanya Kue Kicak, yang terdiri dari Jadah dan Kicak.

Kicak sendiri dibuat dengan campuran gula pasir, daun pandan, garam, parutan kelapa tua, buah nangka, dan air.

Sementara Jadah dibuat dari ketan putih, air dan parutan kelapa setengah tua.

Dari segi rasa, Kicak ini dijamin bisa jadi bisnis takjil di bulan ramadhan yang laris manis karena rasanya yang gurih, manis ditambah rasa asam khas dari buah Nangka.

Es Selendang Mayang

ide jualan takjil bulan puasa

Buat menu usaha takjil di bulan ramadhan berikutnya datang dari Betawi. Mungkin banyak dari Anda yang asing dengan namanya, namun kue ini mirip dengan kue lapos yang terbuat dari tebung sagu dipadu dengan gula aren.

Disajikan dingin, takjil khas Betawi ini memiliki isi serupa puding dilapisi dengan santan berwarna putih. Jika dilihat dari jauh, takjil ini terlihat elegan dan lezat dengan paduan warna yang menarik.

Es Kopyor

Ide jualan takjil ramadhan sebelumnya unik-unik dan bisa menjadi nilai tambah Anda dibandingkan lapak lain. Namun jika Anda tidak mau repot-repot, bisa juga nih menyajikan menu yang lebih sederhana seperti es kopyor segar dengan bahan dasar kelapa.

Kolak

usaha takjil di bulan ramadhan

Masih jadi salah satu jualan takjil kekinian setelah bertahun-tahun lamanya, kolak masih juga tidak dimakan oleh waktu nih apalagi jenisnya yang macam-macam mulai dari kolak pisang, kolak labu, kolak durian, kolak ubi, dan lainnya.

Baca juga : Tips Bisnis Di Bulan Puasa 2021

Bubur Sagu Mutiara

jualan bubur sagu mutiara Ramadhan

Ide jualan takjil bulan puasa memiliki rasa yang manis dan gurih serta sangat khas di lidah. Bahan-bahannya sendiri terbuat dari sagu mutiara, santan, dan daun pandan. Mudah sekali, bukan?

Jika Anda ingin membuat cita rasa yang sedikit berbeda, bisa juga Anda tambahkan pisang, jelly, atau gula aren.

Es Shanghai

bisnis takjil di bulan ramadhan

Namanya es shanghai, tapi justru jadi ide jualan takjil di bulan puasa yang jadi favorit banyak orang. Mirip-mirip dengan es campur, es shanghai terbuat dari kolang-kaling, agar-argar, gula pasir, susu kental, sirop merah dan air secukupnya.

Es Cincau

bisnis takjil di bulan ramadhan

Buat yang mau buka usaha takjil di bulan ramadhan tapi malas ribet, berarti harus coba jualan es cincau nih! Untuk resepnya, Anda hanya perlu membeli cincau jadian di supermarket lalu mencampurnya dengan gula merah, air, dan pandan, dan susu cair untuk sopnya.

Es Darah Merah

Namany seram, namun ide jualan takjil bulan puasa yang satu ini sangat lezat, lho! Cara buatnya pun gampang banget yaitu dengan menyerut blewah, menambahkan fanta merah dan bahan-bahan tambahan lainnya seperti selasih, agar-agar, dan susu kental manis.

Es Dawet

jualan takjil kekinian

Siapa bilang bikin bisnis takjil di bulan ramadhan itu ribet? Es Dawer bisa dijual oleh siapapun dan nggak butuh kemampuan masak tingkat tinggi. Bahan-bahannya juga sederhana banget.

Untuk dawetnya, Anda hanya membutuhkan pasta pandan, tepung beras, tepung tapioka dan air.

Sementara untuk sirupnya, Anda bisa mencampur gula merah dan gula pasir serta air secukupnya.

Es Goyobod

Kuliner asal dari Bandung ini juga bisa jadi ide jualan takjil di bulan puasa yang oke banget nih!

Untuk bahan-bahannya, Anda perlu menyiapkan adonan hunkwe yang terbuat dari tepung hunkwe, santan encer, dan pasta pandan serta tambahan bahan gula, mutiara, dan es batu.

Nah, itu dia beberapa ide jualan takjil bulan puasa. Ada banyak banget ya ternyata!

Jangan terburu-buru mengambil keputusan, coba dulu pelajari orang-orang disekitar Anda, takjil apa yang mereka jual dan apakah laku?

Pilih menu yang bisa Anda buat secara enak dan sesuai dengan budget Anda. Selamat mencoba!

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiiki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *